Analisis Kinerja Laporan Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Pt. Telkom Indonesia Periode 2011-2015 Pendekatan Rasio Keuangan Dan Rata-rata Industri

Asri Widiastuti, Palti Marulitua Sitorus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Telkom Indonesia secara internal maupun eksternal, dengan cara menganalisis laporan keuangan menggunakan metode rasio keuangan dan rata-rata industri. Laporan keuangan yang akan digunakan untuk analisis, dimulai dari tahun 2011-2015 dengan menggunakan teknik analisis time series dan cross sectional. Hasil analisis yang diperoleh peusahaan dari salah satu rasio likuiditas yaitu rasio lancar, PT. Telkom Indonesia mampu melebihi standar 100% dan kemampuan likuiditas perusahaan mampu memepengaruhi rasio solvabilitas perusahaan dalam melunasi kewajibannya. 

Kemampuan rasio aktivitas seperti TAT kurang dari 3 dan FAT kurang dari 2 sehingga masih dianggap dibawah standar rasio perusahaan, hal ini diakibatkan menurunnya penjualan  produk telepon tidak bergerak. Rasio profitabilitas masih memiliki ROE kurang dari 30% dan ROA kurang dari 20% yang diakibatkan persaingan produk telekomunikasi. Untuk rata-rata industri, PT. Telkom Indonesia masih terbilang sangat baik jika dibandingkan dengan perusahaan sejenisnya.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0