Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (ipa) (studi Kasus Pada Website I-gracias Universitas Telkom Bandung)

Sylvi Ellyusman, Rieka F Hutami

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang dirancang khusus untuk dapat mengelola berbagai data akademik dengan banyak entitas, kepuasan mahasiswa sebagai stakeholder merupakan bagian yang penting bagi Universitas, tata kelola Portal Akademik yang baik perlu dilakukan. 

Berdasarkan dokumen Laporan Helpdesk Universitas XYZ  terdapat 522 keluhan pada Website Portal Akademik. Website terkadang  mengalami gangguan misalnya sistem yang down, erorr saat melakukan registrasi, dan kehilangan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan penilaian pengguna terhadap kualitas Website Portal Akademik, serta idikator yang harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan kualitas Website Portal Akademik. Penelitian ini  menggunakan Metode Kuantitatif dengan Teknik Analisa Deskriptif (Analisis Jenjang) dan Metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan indikator WebQual 4.0. Kuesioner disebarkan kepada 439  responden mahasiswa pada tujuh fakultas di Universitas XYZ, serta melakukan wawancara kepada manajer operasional dan pengelola data centre Direktorat Sistem Informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan penilaian kinerja Website Portal Akademik memiliki skor rata-rata sebesar 1499.30 atau 68.31%  masuk dalam kategori baik, namun terdapat satu sub variabel dimana kinerjanya berada pada kategori sedang yaitu sub variabel Service interaction. Pengguna memiliki tingkat harapan yang tinggi terhadap seluruh sub variabel dengan skor rata-rata sebesar 1787.23 atau 81%. Hasil dari pemetaan diagram IPA, kuadran I diisi oleh indikator website menyampaikan rasa kompetensi (dapat Diperoleh setiap saat), website  menyediakan informasi dengan detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya (informasi tidak pernah hilang atau berubah), tiga indikator tersebut harus menjadi konsentrasi Bagian Direktorat Sistem Informasi untuk melakukan perbaikan pada Website Portal Akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0