Analisis Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Dalam Menyukseskan Program Eco Village Di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Authors

  • Dara fabrianne Salmun Telkom University
  • Ayub Ilfandy Imran Telkom University

Abstract

Abstrak Kegiatan Desa berbudaya lingkungan atau bisa dibilang dengan Eco Village adalah program yang terlahir dari salah satu kegiatan pemerintah yaitu Citarum Bestari yang dinaungi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. Program Eco Village dilaksanakan di Daerah Aliran Sungai Citarum sejak tahun 2014. Desa Bojongsari ini adalah Desa yang memiliki masyarakat dengan tingkat keaktifannya sangat baik serta pemerintah lokalnya yang sangat kooperatif serta mau bersama-sama mengindahkan Program Eco Village ini, sehingga dapat menjadi Desa percontohan bagi Desa lainnya. Melihat dari fenomena tersebut, maka peneliti ingin menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dalam menyukseskan Program Eco Village di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan oleh peneliti sebagai dasar pemikiran dalam melakukan penelitian adalah strategi komunikasi, karena hal tersebut saling berkaitan untuk menganalisis fenomena dari penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dalam menyukseskan kegiatan Eco Village di Desa Bojongsari. Paradigma yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah konstruktivis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat melakukan strategi komunikasi untuk menyukseskan program Eco Village ini dengan cara melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dan juga melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat yang menjadi target khalayak.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Eco Village.


Abstract Cultured-environmental based village activities called Eco Village is a government program which was a sequel to one of their other activites called Citarum Bestari which was sheltered by Environmental Service of West Java Province. This program was held at Citarum River Basin since 2014. Bojongsari village is a village with a great level of activity which is highly cooperative for joining this program and they are sentenced as a pilot program. Looking at this phenomenon, researcher wanted to analyze the communication strategy did by Environment Service of West Java Province in successing Eco Village program at Bojongsari Village, Bojongsoang District, Bandung Regency. Theory that was used by researcher was communication strategy, because it was related to the phenomenon of this research. The method that was used is qualitative research with descriptive approach. The purpose of this research was to know about the communication strategi that was applied by Environmental Service of West Java Province in successing the Eco Village Program in Bojongsari Village. The paradigm of this research is constructivism. The result shown that the Environmental Service of West Java Province did the communication strategy in successing the Eco Village program, such as cooperating with many parties also doing direct approach to society as their target audience.
Keywords: Communication Strategy, Public Service, Environmental Service of West Java Province, Eco Village
ISSN

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi