Analisis Wacana Kritis Pada Kasus Cyberbullying Terhadap Alffy Rev Yang Menggubah Lagu Indonesia Raya : Critical Discourse Analisys In The Cyberbullying Case On Alffy Rev That Changes The Song Indonesia Raya

Authors

  • Resa Septian Telkom University
  • Hadi Purnama Telkom University

Abstract

Abstrak Instagram, menjadi media sosial nomor satu yang paling banyak dilakukannya tindak cyberbullying dilansir dari tekno.kompas.com. sempat viral beberapa waktu yang lalu tentang gubahan lagu Indonesia Raya yang dilakukan oleh Alffy Rev yang di unggah ke kanal Instagram dan youtube. Postingan tersebut tentu menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, yang mana bahkan banyak juga yang melakukan bullying terhadap Alffy Rev. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana diskusrus cyberbullying yang terjadi dalam wacana ini dengan menggunakan Analisis wacana kritis Teun A. van Dijk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa bullying yang menimpa Alffy rev disebabkan karena gubahan lagu Indonesia Raya yang dilakukannya melanggar UUD 1945 Pasal 59 Nomor 24 Tahun 2009.


Kata Kunci: Cyberbullying, Gubahan Lagu Indonesia Raya, Analisis Wacana Kritis, Teun A. van Dijk.
Abstrack Instagram, being the number one social media that has the most acts of cyberbullying, was reported by tekno.kompas.com. got viral some time ago about composing Indonesian Raya songs performed by Alffy Rev which was uploaded to Instagram and youtube channels. These posts certainly reap the pros and cons of the community, which in fact many also bullying Alffy Rev. This study aims to find out how the discussion of cyberbullying that occurs in this discourse by using critical discourse analysis Teun A. van Dijk. The research method used in this study is qualitative. Based on the results of this study, the bullying that befell Alffy rev was caused by the composition of the Indonesian Raya song which he violated Article 59 of the 1945 Constitution Number 24 of 2009.

Keywords : Cyberbullying, Cover Indonesia Raya song, Critical Disourse Analisys, Teun A. van Dijk.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi