Efektivitas Strategi Komunikasi Humas Pt Pln Area Garut (studi Kualitatif Humas Pt Pln Area Garut Dalam Sosialisasi Meminimalisir Dampak Kerugian Akibat Layang – Layang)

Authors

  • Diulfa Chikal Panuntun Telkom University
  • Muhammad Sufyan Abdurrahman Telkom University

Abstract

ABSTRAK
PT PLN memiliki tujuan yang dimana ingin dapat bisa menyeimbangkan kemajuan pada tiga aspek pada penyediaan listrik , yakni ekonomi, sosial serta lingkungan. Seperti halnya yang akan penulis teliti dalam penelitian ini adalah kegiatan sosialisasi bahaya layang – layang pada masyarakat Garut yang dilakukan oleh Humas PT PLN Area Garut dalam meminimalisir dampak nilai kerugian akibat layang – layang, yang menyebabkan seringnya terjadi padam lampu. Metode yang peneliti gunakan adalah metode studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma Post-postivisme. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, survey ke lapangan, melakukan wawancara. Selain itu, data yang diperoleh bersifat keterangan-keterangan, informasi, dokumentasi, dan tidak berupa angka. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi bahaya layang – layang yang dimana sosialisasi ini dilakukan dengan pendekatan terlebih dahulu terhadap tokoh – tokoh masyarakat dan yang didapatkan dalam penelitian ini juga mengenai pengukuran efektivitas program adalah bahwa program ini sudah efektif dalam pandangan masyarakat untuk menekan titik padam lampu dan kebiasaan masyarakat Garut dalam bermain layang – layang. Peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi bahaya layang – layang yang dilakukan Humas PLN Area Garut, sejauh ini sudah menunjukkan ke efektivitasannya dalam mengubah kebiasaan maupun perilaku masyarakat Garut sebelumnya akan layang – layang yang berdampak pula pada penurunannya padam lampu.
Kata Kunci: Efektivitas, Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Humas, PT PLN.










ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.6, No.1 April 2019 | Page 1484
2 | P a g e


ABSTRACT
PT PLN has a purpose which would like to be able to balance the progress on the three aspects of the provision of electricity, namely economic, social and environmental. Like other writers who will be thorough in this research are the activities of socialization of danger – flying kites in Garut society conducted by Publicist PT PLN in Garut Areas to minimize the impact of the value loss due to swallows, which causes often happens turns off the lights. A method that researchers use qualitative studies is a method with approach case studies and using the paradigm of Post-postivisme. Data obtained in this study obtained through observation, survey into the field, conduct interviews. In addition, the data obtained are remarks, information, documentation, and not a number. The results obtained in this research is the communication strategy on the implementation of the activities of socialization of danger – kites where socializing is done with the first approach towards a character – character of the community and brings in this research as well as to the measurements of the effectiveness of the program is that the program is already effective in the eyes of the public to press the point turns off lights and community habits of Arrowroot in flying – kites. Researchers conclude that socialization activities – kites danger effected Publicist PLN Area Arrowroot, so far it has shown effectiveness in changing habits or behaviors of the society will overpass earlier Arrowroot – also impacting kites on descents extinguished lights.
Keywords: Effectiveness, Communication Strategy, Socialization, Public Relations, PT PLN.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi