Hubungan Antara Komunikasi Kelompok Teman Sebaya Dan Perilaku Belanja Online Dengan Gaya Hidup Konsumtif Pada Remaja Usia 15-18 Tahun Di Kota Jakarta

Authors

  • Nada Kurnia Adinda Masri Telkom University
  • Maulana Rezi Telkom University

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif pada remaja usia 15-18 tahun di kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan variabel independent yaitu komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online. Variabel dependent yaitu gaya hidup konsumtif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda karena terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja usia 15-16 tahun di kota Jakarta yang pernah belanja online. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Pada penelitian ini terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0.26%, antara komunikasi kelompok teman sebaya dengan gaya hidup konsumtif. Terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0,28%, antara perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif. Terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0.343%, antara komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif pada remaja usia 15 – 18 tahun di kota Jakarta.
Kata Kunci: Komunikasi kelompok teman sebaya, Perilaku belanja online, Gaya hidup, konsumtif. ABSTRACT This research aims to determine and analyze the relationship of peer group communication and online shopping behavior with consumptive lifestyles in adolescents aged 15-18 years in the city of Jakarta. This research uses independent variables is peer group communication and online shopping behavior. Dependent variables is consumptive lifestyle. This research is included in descriptive research and causality using a quantitative approach. This study uses multiple linear regression methods because there are two independent variables and one dependent variable. The population in this study were adolescents aged 15-16 years in the city of Jakarta who had been shopping online. The number of samples used in this study were 100 respondents. In this research there was a low positive relationship of 0.26%, between peer group communication with a consumptive lifestyle. There is a low positive relationship of 0.28%, between online shopping behavior and a consumptive lifestyle. There is a low positive relationship of 0.343%, between peer group communication and online shopping behavior with the consumptive lifestyle in adolescents aged 15-18 years in the city of Jakarta.

Keywords: Peer group communication, Online shopping behavior, lifestyle, consumtive

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi