Strategi Manajemen Redaksional Surat Kabar Tribun Jabar

Authors

  • Syalutan Ilham Dwiputra Telkom University
  • Reni Nureni Telkom University

Abstract

BSTRAK
Kebutuhan masyarakat akan informasi membuat perusahan media berkembang dan beralih menuju media online. Saat ini media online lebih digemari masyarakat karena kemudahan akses informasi dan informasi yang diberikan selalu baru. Namun di Kota Bandung, surat kabar atau koran masih di gemari hingga saat ini. Penjualan masih stabil dan terus melakukan inovasi terutama koran Tribun Jabar yang saat kini koran teratas di Bandung.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pencarian berita yang dilakukan oleh Tribun Jabar diawali dengan perencanaan berupa rapat proyeksi untuk berita terencana dan untuk berita yang terjadi dadakan akan diliput oleh para wartawan yang sedang berada di dekat lokasi kejadian atau oleh wartawan yang jobdesc-nya sesuai dengan kejadian tersebut. Pembuatan berita pada Tribun Jabar melalui alur wartawan, kemudian ke redaktur, lalu dikirim ke bagian desain, kemudian dikirim ke redaktur pelaksana, jika sudah sesuai, softcopy akan dikirim ke percetakan oleh IT untuk siap naik cetak. Tribun Jabar menjaga kualitas dan kredibilitas berita yang diterbitkan sebagai cara menjaga standar kualitas surat kabar.

Kata Kunci: Tribun Jabar, Strategi, Manajemen Redaksional, Surat Kabar

ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.6, No.1 April 2019 | Page 1854


ABSTRACT
Community needs made information media company to flourish and move toward online media. Current online media more favored by the public because the ease of access to information and the information provided is always new. But in the city of Bandung, newspapers or newspaper still in gemari until today. Sales are still steady and continue to innovate particularly newspaper Tribune Jabar who present the top newspaper in Bandung.
The paradigm that is used in this research is the constructivist paradigm. The research method used is qualitative research method with descriptive qualitative approach.
The results showed that the search process conducted by the News Tribune Jabar begins with planning a meeting in the form of a projection for the planned and news for news happening snap will be covered by the reporters who was near the location of the incident or by journalists who jobdesc him in accordance with the incident. Making news on Tribune Jabar through Groove reporter, then to the editor, and then sent to the design section, then sent to the managing editor, if it is appropriate, softcopy will be sent to the printing by IT to ready to ride. Tribune Jabar maintaining the quality and credibility of the news published as how to maintain the standard of quality newspapers.

Keyword: Tribun Jabar, Strategy, Editorial Management, Surat Kabar

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi