Aplikasi Web Untuk Penerapan Target Costing Dalam Perhitungan Biaya Produk Berdasarkan Metode Job Order Costing (Studi Kasus: UMKM Puri Utami, Bandung)

Authors

  • Takrimia Hanifatu Afifah Telkom University
  • Tora Fahrudin Telkom University
  • Nelsi Wisna Telkom University

Abstract

Abstrak— Puri Utami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri fashion dengan produk unggulannya yaitu mukena lukis yang dibuat secara handmade dan diproduksi terbatas. Dalam proses produksi dan perhitungan biaya yang dikeluarkan, Puri Utami masih menghitung berdasarkan dengan keseluruhan biaya yang dikeluarkan dari bahan baku utama tanpa mempertimbangkan bahan dan kompenen pembantu lainnya. Bahan-bahan dan kompenen lainnya yaitu seperti biaya bahan penolong dan biaya overhead yang dibutuhkan selama produksi berlangsung. Akibat perhitungan biaya produksi yang tidak sesuai tersebut menyebabkan harga pokok yang tinggi dan akan mempengaruhi harga saing produk dan juga berpengaruh terhadap laba perusahaan. Dari permasalahan tersebut, maka perhitungan biaya produksi pada Puri Utami harus dicatat dan dihitung dengan baik dan benar sehingga dapat menghasilkan harga produksi yang tepat dan menentukan harga pokok produk berdasar target costing yang diinginkan sehingga dapat bersaing dengan kompetitor secara maksimal. Oleh karena itu, maka dibuatlah aplikasi berbasis website untuk mencatat biaya dan menentukan biaya produksi, menentukan target costing, laporan biaya produksi, kartu harga pokok pesanan, jurnal dan buku besar. Aplikasi ini dibangun menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Implementasi yang diterapkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.
Kata kunci— biaya produksi, biaya bahan baku, biaya overhead, target costing, job order costing, entity relationship diagram.

Downloads

Published

2023-01-09

Issue

Section

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi