Perancangan Bot Telegram Untuk Proses Validasi Data ODP Teknisi

Authors

  • Abid Ghufran Ramadhan Telkom University
  • Suci Aulia Telkom University
  • Randany Maulana PT. Telkom Akses Regional Bandung Barat

Abstract

Abstrak — Seiring berjalannya waktu, Telkom Akses terus berkembang salah satunya dalam validasi data. Semakin banyaknya data maka semakin sulit memvalidkan data tersebut. Beberapa Teknisi diberbagai bidang membutuhkan sistem yang bisa memvalidkan data yang masuk ke bidangnya, seperti Teknisi Provisioning, Teknisi Assurance, Teknisi Maintenance, dan Teknisi BGES. Oleh karena itu dengan adanya bot telegram ini diharapkan mempermudah pekerjaan teknisi-teknisi yang bekerja terutama untuk teknisi BGES. Bot Telegram atau robot telegram merupakan sebuah akun telegram khusus yang didesain dapat merespon pesan secara otomatis, yang tidak memerlukan nomor telepon tambahan. Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan perancangan bot telegram teknisi BGES agar tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui perkembangan yang terjadi dilapangan saat teknisi melakukan pekerjaan. Saat teknisi mengetahui penyebab permasalahan terhadap pelanggan, lalu teknisi mengirim pesan di telegram kepada bot telegram, setelah itu pesan dari bot telegram akan masuk otomatis di google spreadsheet. Di google spreadsheet tersebut tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui permasalahan pada pelanggan tersebut. Kemudian setelah selesai teknisi akan mengirim pesan ke bot telegram berupa solusi permasalahan dan kemudian tim leader dan admin atau helpdesk mengetahui perkembangan dan solusinya.

Kata kunci— telkom akses, validasi data, telegram messenger, bot telegram

References

H. Soeroso, A. Z. Arfianto and N. E. Mayangsari, "Penggunaan Bot Telegram Sebagai Announcement System pada Intansi Pendidikan," pp. 45-48, 2017

R. Nufusula and A. Susanto, "Rancang Bangun Chat Bot Pada Server Pulsa Mengunakan Telegram Bot API," pp. 80-88, 2018.

R. Parlika, L. M. I. Prasetya, H. R. Putra, V. H. Satria and F. H. Pralas, "MEMBANGUN LOGIN TERENKRIPSI MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM DAN DATABSE SQL," pp. 196-202, 2019

T. Istiana, R. I. A, G. B. Dharmawan and B. Prakoso, "Pengembangan Sistem Diseminasi Prakiraan Cuaca Menggunakan Aplikasi Bot Telegram dengan Metode Webhook," Elektron Jurnal Ilmiah, vol. 12, pp. 41-47, 2020.

G. C. Lenardo, Herianto and Y. Irawan, "Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai Media Informasi Akademik di STMIK Hang Tuah Pekanbaru," JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia , vol. 1, pp. 351-357, 2020.

A. D. Kusuma, PENGGUNAAN TELEGRAM BOT PADA TELEGRAM MESSAGER DENGAN METODE WEBHOOKS UNTUK SISTEM PEMINJAMAN INFRASTRUKTUR DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG, MALANG, 2019.

A. Cokrojoyo, J. Andjarwirawan and A. Noertjahyana, "Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP," 2017.

M. Reynaldi, S. A. Khairi, N. G. Hendarman and F.I. Nugroho, "Sistem Informasi Berbasis Bot Telegram Sebagai Media Sosialisasi Keselamatan Berkendara," Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology , vol. 1, pp. 16-22, 2020.

E. Lestari and E. U. Artha, "SISTEM PAKAR DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK DIAGNOSIS GANGGUAN LAYANAN INDIHOME DI PT TELKOM MAGELANG," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika , vol. 3, pp. 1-9, 2017.

A. Hernawan, OPTIMALISASI RUTE PENANGANAN GANGGUAN DENGAN ALGORIMA DIJKSTRA (STUDI KASUS PENANGANAN GANGGUAN LAYANAN INDIHOME) Semarang, 2018.

G. Pratama, "Pemanfaatan Bot API Telegram untuk Proses Validasi Laporan Material Gudang dengan Metode Webhook Connection Studi Kasus Kantor Telkom Akses Witel Pekayon," 2018Book Author(s). Book title. Location: Publishing company, year, pp.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi