Pengembangan Alat Pemantau Social Distancing Berbasis Sensor Dan Modul Laser

Authors

  • Rifqi Zulfa Sabilla Telkom University
  • Devie Ryana Suchendra Telkom University
  • Rini Handayani Telkom University

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020 telah menginfeksi jutaan jiwa, salah satunya melalui droplet yang dikeluarkan oleh seseorang yang terinfeksi virus ke orang yang berada di dekatnya. Maka dari itu perlu dilakukan suatu kebiasaan baru yang bernama social distancing dimana seseorang harus menjaga jarak satu sama lain terutama di tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan gedung lainnya. Maka dari itu untuk memastikan social distancing dilakukan oleh masyarakat di tempat umum diperlukan sebuah alat untuk memantau kegiatan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pemantau social distancing menggunakan sensor dan modul laser, sensor yang digunakan adalah GY-906, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu tubuh seseorang sementara itu modul laser untuk memastikan seseorang berada di posisi yang tepat saat mengantri. Hasil yang didapat dari penugjian sistem pendeteksi suhu tubuh memiliki perbedaan dengan data yang ditampilkan oleh termometer (berkisar antara 2.4°C - 6°C), sementara itu hasil pengujian sistem antrian memiliki akurasi 100%, dan pada pengujian penghitung orang terdapat eror 0%.

kata kunci— covid-19, virus, social distancing, gy-906 mlx90614

References

B. Nugraha, L. K. Wahyuni, H. Laswati, P. Kusumastuti, A. B. Tulaar, and C. Gutenbrunner, http://www.actamedindones.org/index.php/ijim/article/view/1557/pdf (accessed Jun. 22, 2021).

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, https://covid19.go.id/peta-sebaran (accessed Jun. 22, 2021).

H. A. Chang,

Bidang Data dan IT Satuan Tugas Penanganan COVID-19,

U. MUZAWI, Rometdo; EFENDI, Yoyon; RIO, http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/943/582 (accessed Jun. 22, 2021).

E. Ardiansyah, H. Fitriyah, and D. Syauqy, https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/4193/1939.

D. Intan Surya Saputra,

V. Polly, S. Pandelaki, and K. Dame,

Y. Falih, R. E. Saputra, and C. Setianingsih,

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Komputer