Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Penjualan dan Pencatatan Piutang dengan Metode Pembayaran QRIS (Studi Kasus: Toko Bangunan Lancar Barokah, Cimahi)

Authors

  • Nadifa Aulia Putri Telkom University
  • Asti Widayanti Telkom University
  • Anak Agung Gde Agung Telkom University

Abstract

Abstrak—Toko Bangunan Lancar Barokah adalah perusahaan dagang yang bergerak dibidang perdagangan bahan dan alat bangunan. Toko Bangunan Lancar Barokah menjual bahan bangunan seperti semen, batu, pasir, serta menyediakan berbagi macam perkakas dan peralatan bangunan. Toko Bangunan lancar barokah menerapkan sistem penjualan kredit dan debit. Proses transaksi diterapkan secara manual mulai dari proses pengelolaan barang, transaksi penjualan, transaksi piutang, pembuatan laporan. Hal tersebut memungkinkan terjadinya kesalahan pencatatan, kurang akuratnya laporan, keterlambatan dalam pencarian data yang diperlukan. Aplikasi ini dibangun untuk membantu pemilik toko bangunan kemudahan dalam mengelola data lebih cepat serta mempercepat dan mempermudah proses transaksi penjualan bahan bangunan. Dengan menerapkan pembayaran menggunakan QRIS, pembeli dapat melakukan pembayaran secara cepat dan praktis, pembeli tidak perlu repot membawa uant tunai ketidak pembayaran dengan nominal yang cukup besar. Keuntungan bagi pemilik dapat terhindar dari uang palsu, serta tidak perlu menyediakan banyak produk QR Code. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Proses perancangan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML) dan percangan skema data base menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) Fungsionalitas yang terdapat pada aplikasi ini adalah pengelolaan penjualan dan pengendalian piutang. Aplikasi ini dibangun menggunakan Bahasa Pemrograman PHP,Framework Code Igniter dan MySQL untuk penyimpanan basis data. Aplikasi ini diuji dengan menggunakan metode Black Box testing, agar aplikasi yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi dapat menghasilkan beberapa fungsionalitas, antara lain menangani pencatatan transaksi piutang, dan menghasilkan laporan akuntansi seperti jurnal umum, buku besar, buku besar pembantu piutang, daftar umur piutang, serta laporan penjualan

Kata Kunci — Penjualan, Piutang, QRIS, Framework Codeigniter, MySQL

References

M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2020

H. Harmain, N. L. Safrida, S. A. Y. Ermawati, A. Ikhsan, H. Olivia, J. and N. , Pengantar Akuntansi 1, 3 ed., Medan: Madanatera, 2019.

Downloads

Published

2024-02-04

Issue

Section

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi