PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN FIBER OPTIK METRO ETHERNET WILAYAH SULAWESI SELATAN

Authors

  • Fahrani Dea Saputri Telkom University
  • Aris Hartaman Telkom University
  • Joko Supriyatna Telkom University

Abstract

Abstrak - Teknologi Metro Ethernet merupakan kemajuan dari teknologi Ethernet yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan wilayah perkotaan dengan jarak yang lebih luas. Dalam hal ini Metro Ethernet dilengkapi dengan berbagai fitur yang mirip dengan jaringan Ethernet pada umumnya. pembentukan jaringan skala metropolitan dengan memanfaatkan teknologi Ethernet konvensional. Metro Ethernet berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara berbagai area terpisah, maupun antara LAN dan WAN, termasuk jaringan backbone yang umumnya dimiliki oleh penyedia layanan. Di wilayah metropolitan, perusahaan besar dapat menggunakan Metro Ethernet untuk menghubungkan kantor cabang mereka ke sistem intranet perusahaan. Dalam hal transportasi data, Metro Ethernet menggunakan teknologi Multi Protocol Label Switching (MPLS) dan serat optik. MPLS diimplementasikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan jaringan IP dan memungkinkan kombinasi berbagai teknologi WAN yang berbeda dalam satu backbone IP umum. Fiber optik mempunyai kapasitas transmisi yang besar dan coverage area yang luas. Di Indonesia, jaringan Metro Ethernet yang sudah beroperasi menggunakan kabel fiber optik dengan kapasitas mencapai 1.000 Mbps atau 1 Gbps. Pada tugas akhir ini, konsep dasar Metro Ethernet yang akan dibahas meliputi kelebihan jaringan Metro Ethernet, konfigurasi jaringan Metro Ethernet, dan penerapannya di wilayah Sulawesi Selatan oleh PT Era Bangun Jaya sebagai layanan penghubung jaringan antar beberapa kota.

Kata kunci : Metro Ethernet,,Fiber Optic,MPLS, WAN, LAN

References

Akmal. (2020, Januari). Retrieved from Grafik Batang dan yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan: https://satujam.com/grafik-batang/

Apa itu 4G LTE? Pengertian, K. M. (-, - -). Apa itu 4G LTE? Pengertian, Kecepatan, Macam, Kelebihan! Retrieved from -: https://fungsi.co.id/apa-itu-4g-lte/

Apa Itu Teknologi Point to Point Fiber Optik/Metro-e. (2019).

Jenis-jenisnya, P. F. (2022, september 9). Pengertian Fiber Optik (Optical Fiber) dan Jenisjenisnya. Retrieved from -: https://teknikelektronika.com/pengertian-fiber-optik opticalfiber-jenis- jenis-fiber-optik/

Lintasarta, P. D. (2015, - -). Perancangan Dan Implementasi Jaringan Metro Ethernet Di PT. Aplikanusa

http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/87482

Luas, K. J. (2023, - -). Kualitas Jaringan Terjamin & Area Jangkauan Luas. Retrieved from https://mycarrier.telkom.co.id/id/metro-ethernet: https://mycarrier.telkom.co.id/id/metro- ethernet

H. VENELIA, Estimasi Parameter Distribusi Log Normal Menggunakan Metode Bayes Dengan Prior NonInformatif Dan Prior Konjugat, BANDAR LAMPUNG : 03 APRIL 2020, 2020.

C. B. Waluyo, M. Syahral, P. Diana and R. Hasanah, "Ber Performance Analysis On Awgn Channel And Fading Channel By Using Diversity Method," SENATIK 2018, vol. 4, 2018.

E. Priyantono, A. Fahmi and D. Arseno, "Analisis Penanggulangan Inter-Carrier Interference (Ici) Pada Teknologi Ofdm Menggunakan Frequency-Domain Equalizer (Feq) Dengan Metode M-Taps Minimum Mean-Square-Error (MMSE)," e-Proceeding of Engineering , vol. 3, no. 1, p. 552, 2016.

"What Is Bit Error Rate : Ber Tutorial," Electronics Notes , Oktober 2016. [Online]. Available: https://www.electronics-notes.com/articles/radio/bit-error-rate-ber/what-is-ber-definition-tutorial.php.[Accessed 06 September 2023].

T. S. J. Putra, Analisis Kualitas Signal Wireless Berdasarkan Received Signal Strength Indicator (RSSI) pada Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga: 2018, 2018.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi