PERANCANGAN FRONTEND PADA WEBSITE MONITORING DAN PERANGKAT LISTRIK BERBASIS IOT UNTUK PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK DI PT. TELKOM INDONESIA TBK

Authors

  • Khansa A Zahra Telkom University
  • Dadan Nur Ramadan Telkom University
  • Danang Tjatur Widjadjadi PT. Telkom Indonesia Tbk

Abstract

Abstrak - Dengan kemajuan zaman, manusia telah berhasil mengembangkan teknologi yang ada untuk mempermudah pekerjaan mereka. Internet of Things (IoT) adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat, khususnya dalam hal monitoring dan kontrol perangkat listrik berbasis IoT. Penelitian ini berperan dalam mengembangkan teknologi IoT dan pemanfaatannya dalam penghematan energi. Penelitian ini memiliki tujuan merancang dan mengembangkan sebuah frontend website berbasis IoT yang inovatif, dengan fokus pada pemantauan dan pengendalian perangkat listrik untuk penghematan energi di PT. Telkom Indonesia TBK. Metode pengembangan yang digunakan adalah iterative incremental untuk memastikan bahwa website ini dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang mungkin terjadi. Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box testing untuk memastikan kinerja dan kehandalan website. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah frontend website yang memungkinkan pengguna untuk efektif memantau dan mengontrol perangkat listrik. Dengan fitur-fitur yang disediakan oleh website ini, diharapkan pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan energi listrik dan turut berkontribusi dalam upaya penghematan energi.

Kata kunci : Frontend, Website, Internet of Things, Iterative Incremental, Black-Box Testing, IoT-Based.

References

T. A. Amaliyah, "Implementasi Internet of Things di Masa Pandemi Covid-19," studocu.com, vol. 66,no. 2, p. 1, 2021.

D. Alfian, "Perancangan Aplikasi Website Berbasis IoT untuk Pemantauan dan Kontrol pada PLTA di Desa Tambolusu," Bandung, Jawa Barat, 2022.

T. Ahram, Advances in Artificial Intelligence, Software and Systems Engineering, Washington D.C., USA: Springer International Publishing, 2019.

Universitas Esa Unggul, "Pengertian Front End dan Back End Developer, Apa Bedanya?," 11

October 2022. [Online]. Available: https://fasilkom.esaunggul.ac.id/pengertian-front-end-dan-backend-developer-apa-bedanya/. [Accessed 15 March 2023].

J. Jonker and B. J. W. Pennink, "The Essence of Research Methodology," researchgate, pp. 43-63,

L. H, "Perancangan Prototype Website Product Directory Berbasis Ecommerce Studi Kasus PT. Telkom Indonesia," ejournalunud, vol. 1, 2022.

L. Setiyani, "sain Sistem : Use Case Diagram," e-journal.rosma, vol. 1, 2021.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi