New Jejak Adventure: Pengembangan Aplikasi Penyedia Traveling Berbasis Web

Authors

  • Rifqi Luthfian Thariq Telkom University
  • Cahyana Cahyana Telkom University

Abstract

Abstrak- Teknologi digital telah mengubah lanskap bisnis di berbagai sektor, termasuk industri pariwisata. Di tengah pertumbuhan penggunaan internet yang terus berlanjut, peluang bisnis di sektor pariwisata semakin luas. Pemanfaatan teknologi internet untuk memesan perjalanan dan mengakses informasi perjalanan telah menjadi pilihan utama para pelancong modern. Namun persaingan antara agen perjalanan tradisional dan platform online semakin ketat sehingga mendorong perlunya ekspansi bisnis melalui pengembangan aplikasi web sebagai solusinya. Proyek akhir ini bertujuan untuk mengatasi beberapa tantangan terkait pemesanan perjalanan online dan akses nformasi perjalanan. Tantangannya antara lain kurangnya fasilitas pemesanan perjalanan online, kurangnya sumber informasi perjalanan terkini, dan kendala pemasaran perjalanan bagi agen perjalanan. Tujuan utama dari tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan framework Laravel yang diberi nama <New Jejak Adventure=. Aplikasi ini bertujuan untuk memfasilitasi pemesanan paket perjalanan online yang aman, memberikan informasi terkini tentang tren perjalanan, dan membantu agen perjalanan dalam memasarkan perjalanan mereka secara efektif. aplikasi ini mampu memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, sekaligus menciptakan peluang baru bagi agen perjalanan untuk berkembang dan bersaing di era digital.

Kata Kunci— Open Trip, Tourist, Web, Travel Agent, Laravel

References

Laudon, "Management Information Systems," in Managing the Digital Firm, Pearson Prentice Hall, 2007, p. 77.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Penetrasi Pengguna Internet, APJII, 2019.

CEIC., "Indonesia Kunjungan Wisatawan," 01 November 2020. [Online]. Available: https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/visitorarrivals. [Accessed 20 November 2021].

R. Apriliyan Syah, "Strategi Pemasaran Diva Tour Dalam Menghadapi Online Travel Agent," Skripsi, vol. I, no. 1, p. 4, 2020.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi, Yogyakarta: Andi , 2006.

N. Leiper, Tourism Management, Frenchs Forest: Australia., 2004.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi