Pemberi Pakan Cerdas Untuk Kolam Ikan Berbasis Internet Of Things

Authors

  • Ardhani Ahlan Telkom University
  • Airlangga Permana Putra Telkom University
  • Mia Rosmiati Telkom University

Abstract

Abstract— Smart Feeding adalah sistem otomatis yang efisien dan terkendali untuk memberi pakan hewan peliharaan atau ternak. Pertumbuhan budidaya ikan sebagai hobi dan bisnis yang berkembang pesat telah memunculkan pendekatan tradisional dalam memberikan pakan secara manual. Namun, keterbatasan waktu dan jarak sering menjadi kendala, terutama bagi pembudidaya dengan jadwal padat atau berlokasi jauh. Proyek ini bertujuan mengembangkan sistem otomatis pemberian pakan ikan yang dapat diatur melalui aplikasi Android dengan metode Agile. Analisis kebutuhan dilakukan untuk perancangan aplikasi, meliputi pembuatan kontainer pakan ikan, alat Smart Feeding berbasis Internet of Things (IoT), dan desain antarmuka aplikasi. Pengembangan melibatkan implementasi kontainer dan alat Smart Feeding IoT dengan Arduino, serta aplikasi Android yang terhubung. Pengujian dilakukan untuk menguji keseluruhan sistem, dengan pemeriksaan dan pengujian untuk mendeteksi kemungkinan kegagalan atau kesalahan. Proyek ini menghasilkan prototipe Smart Feeding yang dapat mengendalikan pemberian pakan ikan melalui aplikasi Android. Evaluasi melibatkan 18 responden dengan skor usability rata-rata 84,7% berdasarkan skala Likert, menunjukkan tanggapan positif dari pengguna. Solusi ini efisien untuk pemberian pakan ikan, mendukung bisnis dan hobi budidaya ikan.

Kata Kunci : Smart Feeding berbasis Internet of Things (IoT), Arduino, Metode Agile, User Interface Aplikasi.

References

Himawan, hidayatullah, and Mangaras Yanu F. http://eprints.upnyk.ac.id/22645/1/pengembangan%20alat%20makan%20otomatis.pdf.

Putra, Aditya Manggala dan Pulungan, Ali Basrah.

Manik, Ria Retno Dewi Sartika dan Arleston, Jogi. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/343568-nutrisi-dan-pakan-ikan64bcc454.pdf

Yeniwati, Desi, Nilawati, dan Mawardi. https://ojs.unh.ac.id/index.php/fortech/article/view/723/560

Kaul, Lukas. < Practical Arduino Robotics: A hands-on guide to bringing your robotics ideas to life using Arduino=. Hal. 12, 2023.

Sibarani, Niko Sumanda, Munawar, Ghifari, dan Wisnuadhi, Bambang. https://www.researchgate.net/profile/GhifariMunawar/publication/329525878_Analisis_Performa_Aplikasi_Android_Pada_Bahasa_Pemrograman_Java_dan_Kotlin/links/5c0deebe6fdcc494fe888dd/AnalisisPerforma-Aplikasi-Android-Pada-BahasaPemrograman-Java-dan-Kotlin.pdf

Ngantung, Ronaldo K. dan Pakereng, M A Ineke.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi