Rancangan Antarmuka Aplikasi Operasional Pt. Rapp

Authors

  • Ilham Nur Ilmi Telkom University
  • Hetti Hidayati Telkom University

Abstract

Abstrak — Program magang ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan memperluas wawasan yang tidak didapatkan di lingkungan kampus. Salah satu program magang ini dilaksanakan di Transtrack ID, sebuah perusahaan transportasi yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam keberlangsungan telematika kehidupan armada. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu mengelola proses pemuatan dan pembongkaran bahan baku, khususnya pohon, di PT RAPP. Saat ini, proses tersebut dilakukan secara manual dan menyebabkan kesulitan bagi operator dalam mencatat waktu yang akurat serta melaporkan waktu produksi untuk setiap truk. Perusahaan sedang mengembangkan aplikasi yang akan memiliki fitur seperti pencatatan waktu yang akurat, pencarian truk terdekat, dan pelaporan waktu produksi dengan informasi yang detail. Selain itu, perusahaan juga berencana meningkatkan sistem pemantauan produksi dengan menambahkan sensor, GPS, dan IoT untuk memantau proses secara real-time. Laporan ini bertujuan untuk memberikan solusi yang efisien dan akurat dalam mengelola waktu pemuatan dan pembongkaran, meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi informasi, dan menghindari kesalahan dalam mengelola waktu pemuatan dan pembongkaran. Laporan ini mencakup pernyataan masalah, tujuan, dan batasan, yang difokuskan pada pemuatan dan pembongkaran bahan baku, khususnya pohon, dan penggunaan aplikasi hanya oleh pengguna terdaftar. Dengan aplikasi ini, PT RAPP dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses pemuatan dan pembongkaran serta memantau produksi secara real-time.

Kata Kunci — Desain Antarmuka, Aplikasi Teknologi Transportasi, UI/UX Design, Kertas.

References

Anggia Meisesari, https://www.liputan6.com/bisnis/read/5104988/telematika-armada-jadi-solusi-kendala-di-bisnis-transportasidan-logistik.

Choirul Arifin, https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/07/untuktransportasi-dan-logistik-start-gps-bisa-lacakkendaraan-dan-pantau-perilaku-pengemudi.

Reza Pratama, =Peluang Bisnis Agregator Logistik,= 08 November 2022. [Online]. Available: https://store.sirclo.com/blog/tips-buat-agregator

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi