Tel-U Seeker: Manajemen Rekruitasi Pegawai Pada Direktorat Pusat Teknologi Informasi Universitas Telkom

Authors

  • Muhammad Idris Telkom University
  • Muhammad Iqbal Telkom University
  • Alfian Akbar Gozali Telkom University

Abstract

Abstrak — Proses rekrutmen pegawai di PuTI terkadang masih menggunakan metode konvensional seperti mengumumkan lowongan pekerjaan di media sosial atau melakukan seleksi dengan cara manual. Hal ini dapat memakan waktu dan biaya yang cukup besar, serta kurang efektif dan efisien.Melakukan perancangan website Tel-U Seeker berdasarkan analisa kebutuhan dan studi literatur yang telah dilakukan. Di tahap ini paling tidak akan ditentukan fitur-fitur yang akan diimplementasikan dalam aplikasi, rancangan tampilan aplikasi, dan struktur basis data yang akan dipakai di aplikasi.Oleh karena itu, kami membuat sebuah website rekrutmen pegawai yang bertujuan untuk memudahkan proses rekrutmen pegawai di bidang teknologi informasi. Website ini menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan, persyaratan, dan proses seleksi secara online, serta memungkinkan pelamar untuk mengajukan lamaran secara online. Dengan adanya website rekrutmen pegawai, PuTI dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen rekrutmen pegawai, sehingga dapat mendapatkan karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, website rekrutmen pegawai juga dapat meningkatkan citra dan reputasi PuTI sebagai institusi pendidikan yang modern dan berinovasi.

Kata Kunci — Lowongan Pekerjaan, PuTI, Pegawai

References

Direktorat Pusat Teknologi Informasi, "Tentang PuTI Universitas Telkom," Universitas Telkom, [Online]. Available: https://puti.telkomuniversity.ac.id/tentangputi/. [Akses: 21-Jan-2023].

Direktorat Pusat Teknologi Informasi, "Website Rekrutmen Pegawai PuTI Universitas Telkom," Universitas Telkom, [Online]. Available: https://puti.telkomuniversity.ac.id/rekrutmen-pegawai/. [Akses: 2-Feb-2023].

J. Budiarto, "Pengembangan Karir di Era Digital: Studi Kasus Glints Asia," Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 123-135, Jun. 2020. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/jpti/article/view/30991

Budi, A., & Setiawan, D. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pusat Teknologi Informasi di Universitas Telkom. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 55-62.

Hestanto, "Pengujian Kegunaan Website (Usability testing)," Hestanto Web, [Online]. Available: https://www.hestanto.web.id/pengujian-kegunaan/. [Akses: 5-Jul-2023].

Theastrologypage, "Apa itu pengujian fungsional?," Theastrologypage, [Online]. Available: https://www.hestanto.web.id/pengujian-kegunaan/. [Akses: 6-Jul-2023].

Testing code, "Testing code - Quality Assurance of Code for Analysis and Research.," Testing code, [Online]. Available: https://www.hestanto.web.id/pengujian

Downloads

Published

2024-02-15

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi