Media Pembelajaran Interaktif Kerajaan Hindu-budha Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (studi Kasus: Sdn 5&6 Buah Batu Utara

Dwi Arya Pangestu, Guntur Prabawa, Ferra Arik Tridalestari

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya teknologi dbidang informasi, membuat manusia terus mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Di samping itu, metode pembelajaran Kerajaan Hindu-Budha yang konvensional dan klasik menuntut guru untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan tuntuan zaman, agar siswa lebih termotivasi dalam belajar Kerajaan Hindu-Budha.

Penelitian ini bertujuan untuk menangani masalah tersebut dengan membangun aplikasi pembelajaran kerajaan Hindu-Budha secara interaktif untuk membantu guru dalam menyampaikan materi tersebut.

Model pengembangan yang digunakan pada aplikasi ini adalah model ADDIE, karena metode ini dianggap tepat digunakan apabila penelitian ditujukan untuk aplikasi pembelajaran multimedia. Langkah-langkah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Aplikasi dibangun dengan pengembangan multimedia secara interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 dan tools pendukung lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi pembelajaran dalam proses penyampaian materi, terutama materi tentang kerajaan Hindu-Budha. Aplikasi pembelajaran interaktif ini dapat menjadi sebuah jawaban dalam membantu guru menyampaikan materi yang tidak membosankan, membuat siswa lebih paham dan mengerti tentang kerajaan Hindu-Budha.

Kata Kunci: Aplikasi, Adobe Flash, Kerajaan, Multimedia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0