Sistem Aplikasi Sms Gateway Sebagai Sarana Informasi Pada Smk Dr Tjipto Semarang

Authors

  • Rizqa Fadhilah Wihasto Telkom University
  • Muhammad Iqbal Telkom University
  • Wahono Setyomulyo Telkom University

Abstract

SMK Dr Tjipto Semarang memiliki misi untuk menerapkan sistem informasi berbasis ICT sebagai media pembelajaran. Dilain sisi menunjukan masih banyak siswa/i yang tidak melaksanakan kegiatan belajar secara benar. Dan orang tua siswa sangat kesulitan untuk melakukan pemantauan akan kehadiran putra-putrinya di sekolah, sehingga kami membangun sebuah aplikasi yang bertujuan memberikan informasi kepada Orang Tua Siswa secara detil tentang kehadiran absensi anaknya di sekolah setiap harinya.

Pada menyusunan Proyek Akhir ini penulis membuat aplikasi SMS gateway yang terintegasi dengan website dan RFID reader. Sebagai sarana absensi kehadiran siswa dan sarana informasi berbasis autoreply secara langsung kepada wali murid. Alur pengerjaan Proyek Akhir ini memerlukan beberapa tahapan diawali dengan mempelajari kebutuhan sistem. Serta pembentukan database yang diperlukan sesuai dengan tujuan. Selanjutnya dilakukan pembuatan form website dan pemilihan perangkat hardware sesuai dengan analisa kebutuhan sistem.

Hasil Proyek Akhir ini adalah aplikasi SMS gateway yang terintregasi dengan RFID reader, Proyek Akhir ini sudah sesuai yang diharapkan oleh pihak sekolah dinyatakan baik berdasar pada kuesioner pengujian subyektif dengan nilai 4,0 (nilai maksimal 5,0). Dengan waktu delay pembacaan RFID Tag reader sebesar 0,2 detik untuk setiap kartu. Tampilan aplikasi menunjukan hasil yang baik dan kompatibel dengan berbagai macam browser.

Kata Kunci: SMS, SMS gateway, presensi, siswa, orangtua

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi