Aplikasi Pengelolaan Jumlah Pesanan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (eoq)(studi Kasus: Dean Jaya Jeans, Soreang, Bandung)

Ria Rezki Oktavianti, Asti Widayanti, Ruddi Kusnadi Setiawan

Abstract

Abstrak

Dean Jaya Jeans adalah sebuah industri rumahan yang memproduksi celana denim. Dean Jaya Jeans dalam pencatatan pembelian bahan baku, barang jadi dan laporan akuntansi masih secara manual dengan menggunakan buku. Pada pembelian bahan baku Dean Jaya Jeans belum mempunyai metode apapun sehingga pembelian bahan baku berdasarkan modal yang didapat. Hal ini menyebabkan terjadinya kelebihan atau kekurangan bahan baku.

Pada barang jadi, pemilik hanya mencatat berapa banyak celana denim yang dihasilkan per minggu, hal menyebabkan kesalahan dalam melakukan update stock. Sedangkan pada laporan pembelian, Dean Jaya Jeans hanya melakukan pencatatan menggunakan buku dan masih manual ini menyebabkan kekeliruan pencatatan laporan pembelian, jurnal dan buku besar.

Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan teknik pemrograman terstruktur dan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Aplikasi ini disediakan untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan pembelian bahan baku, menentukan jumlah pesanan yang ekonomis dengan perhitungan economic order quantiry (EOQ), mengendalikan jumlah minimum persediaan yang harus ada di gudang dengan perhitungan safety stock, dan mengendalikan persediaan dengan perhitungan reorder point (ROP).

Kata Kunci: Industri, Persediaan, EOQ, Safety stock, ROP, PHP dan MySQL.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0