Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Sekolah (studi Kasus Smp N 2 Patikraja Banyumas)

Authors

  • Ajeng Puspitasari Rahastri Telkom University
  • Tengku Ahmad Riza Telkom University
  • Rohmat Tulloh Telkom University

Abstract

ABSTRAK


SMP N 2 Patikraja merupakan salah satu SMP negeri yang ada di kabupaten Banyumas. SMP N 2
Patikraja hanya mempunyai sebuah website yang hanya dapat digunakan untuk mencari informasi sekolah yang masih kurang lengkap. Untuk pengolahan nilai dan presensi siswa, di SMP N 2 Patikraja masih menggunakan buku sebagai media untuk memasukan nilai nilai serta presensi siswa siswi nya. Untuk itulah sangat diperlukan sistem informasi di SMP N 2 Patikraja. Sistem Informasi ini merupakan sistem informasi untuk pengolahan nilai dan presensi siswa.

Pada sistem informasi berbasis website ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan untuk databasenya menggunakan MySQL. Sistem kerja pada sistem informasi ini yaitu dibagi berdasarkan hak akses. Sistem kerjanya setiap hak akses mempunyai username dan password sebagai identitas untuk dapat mengakses sistem informasi, lalu setelah data cocok maka data tersebut akan tersimpan ke dalam database. Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi sekolah untuk pengolahan nilai dan presensi yang belum diterapkan di SMP N 2 Patikraja.

Dari hasil pengujian sistem informasi SMP N 2 Patikraja, berdasarkan fungsionalitas sistem informasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dari hasil pengujian subjektif didapatkan nilai rata-rata 4.16 dari skala 1 – 5 yang berarti sistem informasi sekolah SMP N 2 Patikraja termasuk kategori baik. Dengan demikian sistem
informasi sekolah SMP N 2 Patikraja berguna untuk kepala sekolah, guru, dan siswa SMP N 2 Patikraja.

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi