Analisis Efektivitas Iklan Produk Pertalite Pada Media Televisi Dengan Menggunakan Epic Model (studi Kasus Pt Pertamina Persero Bandung 2018)

Authors

  • Mega Putri Ariyanti Telkom University
  • Ati Mustikasari Telkom University

Abstract

ABSTRAK

Periklanan merupakan penyampaian pesan secara masal kepada seluruh calon pembeli dengan harga yang relatif murah, dan penjual dapat mengulang kembali pesan yang ingin disampaikan dengan jumlah yang banyak. PT Pertamina (Persero) salah satu perusahaan yang menggunakan iklan sebagai salah satu cara mempromisikan produknya yaitu Pertalite . Penelitian efektivitas iklan produk pertalite dengan menggunakan EPIC Model bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas iklan produk pertalite pada media Televisi . Penelitian ini di lakukan di kota Bandung Karena pada dasarnya mengukur efektivitas iklan sangat penting di lakukan oleh sebuah perusahaan apakah pesan yang di sampaikan iklan tersebut tercapai atau tidak.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tipe ana lisis yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel dengan metode non-probability sampling dengan jenis Sampel purposive sampling dengan jumlah 30 responden konsumen yang sudah melihat iklan produk Pertalite. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Variable yang di teliti untuk mengukur efektivitas adalah Empaty, Persuasion, Impact, Communication.

Kata Kunci : Efektivitas Iklan, EPIC Model, Iklan Televisi


ABSTRACT

Advertising is the delivery of mass messages to all prospective buyers with a relatively cheap price, and the seller can repeat the message to be conveyed with a large number. PT Pertamina (Persero) one of the companies that use advertising as one way to promote their products is Pertalite. Research the effectiveness of advertisement of pertalite product by using EPIC Model aims to know how effectiveness of advertisement of pertalite product on Television media. This research is done in the city of Bandung Because basically measure the effectiveness of advertising is very important in doing by a company whether the message conveyed the ad is reached or not.
The method used in this research is to use quantitative methods with the type of ana lisis used is descriptive. Sampling with non-probability sampling method with purposive sampling type with 30 respondents who have seen the advertisement of Pertalite product. Data analysis technique used is descriptive analysis technique. Variables that are meticulously to measure effectiveness are Empaty, Persuasion, Impact, Communication.

Keywords: Ad Effectiveness, EPIC Model, Television

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran