Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Hotel Untuk Penggunaan Kegiatan Mice Di Hotel The Papandayan Bandung 2018

Authors

  • Rasjedi Gani Rahman Telkom University
  • Rahmat Hidayat Telkom University

Abstract

Abstrak Seiring meningkatnya populasi di indonesia ini memicu pelaku usaha untuk membuka usaha yang dapat menarik wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung dengan membuka usaha jasa penyedia akomodasi seperti hotel. meningkatnya wisatawan membuat pengusaha terus membangun hotel di kota bandung, membuat hotel hotel The Papandayan bandung yang sudah ada sejak tahun 1989 ini harus mampu bertahan di persaingan bisnis hotel yang ketat ini. The Papandayan membuka dengan memberikan fasilitas MICE kepada instansi yang ingin melakukan kegiatan MICE. Terbukti dengan The Papandayan memenangkan 3 penghargaan dalam waktu 2 tahun terakhir dibidang MICE membuktikan bahwa The Papandayan mempertahankan eksistensi nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsumen memilih hotel sebagai tempat kegiatan MICE nya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dari penelitian ini mayoritas adalah laki-laki berusia 25-35 tahun dengan pendidikan terakhir S1 dan pekerjaan pegawai swasta dengan penghasilan perbulan sebesar Rp.10.000.000– Rp.15.000.000 dan pernah berkunjung ke The Papandayan lebih dari dua kali. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor yang paling mendominasi dalam mempengaruhi tamu dalam pemilihan hotel untuk kegiatan MICE adalah faktor Fasilitas Akomodasi dengan nilai sebesar 0,770. Dan Faktor yang rendah pengaruhnya mempengaruhi tamu dalam pemilihan hotel untuk kegiatan MICE adalah faktor Aksesibilitas dengan nilai 0,474.

Kata kunci: manajemen pemasaran, MICE, analisis faktor


Abstract Along with the increasing population in Indonesia this trigger business actors to open a business that can attract tourists who visit the city of Bandung by opening a business service provider accommodation such as hotels. the increase of tourists makes the entrepreneurs continue to build hotels in the city of Bandung, making the hotel hotel The Papandayan bandung that has existed since 1989 this must be able to survive in this tight business competition hotel. The Papandayan opens by providing MICE facilities to agencies wishing to conduct MICE activities. Evidenced by The Papandayan winning 3 awards in the last 2 years in the field of MICE proving that The Papandayan maintains its existence. The purpose of this study to find out how consumers choose the hotel as a place of its MICE activities. This research was conducted using descriptive method with a quantitative approach. Respondents from this study are majority of men aged 25-35 years with the last education S1 and private employment with monthly income of Rp.10.000.000 - Rp.15.000.000 and have been to The Papandayan more than twice. The results of this study are the most dominating factor in influencing guests in the selection of hotels for MICE activities is the Accommodation Facility factor with a value of 0.770. And the low factor influencing the guest in hotel selection for MICE activity is Accessibility factor with value 0,474.

Keywords: marketing management, MICE, factor analysis

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran