Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Bus Pariwisata (studi Kasus Pengguna Bus Pariwisata Masyarakat Bandung Tahun 2018 )

Authors

  • Muhamad Asyudin Junaedi Telkom University
  • Rahmat Hidayat Telkom University

Abstract

Abstract - The tourism bus now offers a variety of facilities, so consumers also vary in choosing the type of bus that is most preferred or in accordance with the needs of consumers who will use the tourism bus. This study aims to analyze the preferences of consumers in choosing tourism buses in the Bandung community. In this study using quantitative descriptive method where the data obtained through questionnaires. The population in this study are consumers who use tourism buses in Bandung whose numbers are not known with certainty. The number of samples targeted to fill the questionnaire is 100 respondents randomly. Data analysis used This study aims to find out "consumer preferences in choosing Bandung city tourism bus". The method used is Conjoint Analysis. The results of this study indicate that the overall respondents make the toilet attribute as the main preference in choosing the Tourism Bus with the highest importance value of 44.020% and the highest level of preference for the toilet is not using the toilet with an interest value of 2.784% and attributes of Suspension as the lowest attribute with importance 17,183% and the highest level of preference is not using air suspension with an interest value of 0.205%.

Keywords - Preference, Tourism bus

Abstrak - Bus pariswisata sekarang menawarkan beragam fasilitas, sehingga konsumen pun beragam dalam memilih jenis bus yang paling disukai atau sesuai dengan kebutuhan para konsumen yang akan menggunakan bus pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang Preferensi konsumen dalam memilih bus pariwisata pada masyarakat Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kuantitatif dimana data yang didapatkan melalui kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan bus pariwisata di Bandung yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Jumlah sample yang di targetkan untuk mengisi kuisioner adalan 100 responden secara acak. Analisis data yang digunakan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “preferensi konsumen dalam memilih bus pariwisata kota Bandungâ€. Metode yang digunakan adalah Conjoint Analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan responden menjadikan atribut Toilet sebagai preferensi utama dalam memilih Bus Pariwisata dengan nilai kepentingan tertinggi yaitu 44.020% dan level tertinggi yang menjadi preferensi toilet adalah tidak menggunakan toilet dengan nilai kepentingan sebesar 2,784% dan atribut Suspensi sebagai atribut terendah dengan nilai kepentingan 17,183% dan level tertinggi yang menjadi preferensi adalah tidak menggunakan suspensi udara dengan nilai kepentingan sebesar 0.205%.

Kata kunci – Preferensi, Bus pariwisata
ISSN

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran