Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Traveland Convex Indonesia Tahun 2018

Authors

  • Isra Nur Mujahadah Telkom University
  • Bethani Suryawardani Telkom University

Abstract

ABSTRAK
Kemajuan strategi pemasaran komunikasi saat ini terhadap pemasaran acara telah memasuki era baru yang didukung oleh kemampuan teknologi informasi yang canggih dan kemampuan membuat informasi visual yang mengagumkan. Event Marketing sangat diperlukan untuk menjadi bagian dalam terselenggaranya suatu acara, untuk menjadi sarana disaat–saat khusus yang lebih pribadi dalam benak konsumen pribadi. Keterlibatan pemasaran dalam suatu acara dapat memperluas dan memperdalam hubungan antara sponsor, perusahaan, dan konsumen jika dikelola dengan tepat. Ini semua tidak lepas dari kemajuan pemikiran terhadap media promosi, promosi yang beragam serta digali dan dipadukan untuk mendapatkan hasil sebuah promosi yang dianggap tidak biasa dan unik yang membuat masyarakat merasa tertarik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan event marketing, untuk mengetahui keputusan pembelian pada PT. Traveland Convex Indonesia, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh event marketing terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling, dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran acara berpengaruh positif sebesar 50,12%, dalam keputusan pembelian konsumen di PT. Traveland Convex Indonesia pada tahun 2018, sedangkan sisanya 49,88% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Event Marketing, Keputusan Pembelian.


ABSTRACT
The advancement of today's communication marketing strategy to event marketing has entered a new era supported by sophisticated information technology capabilities and the ability to create amazing visual information. Event Marketing is indispensable to be part of the implementation of an event, to become a special, personal moment of time in the mind of the personal consumer. Marketing involvement in an event can expand and deepen the relationship between sponsors, companies, and consumers if managed appropriately. This can not be separated from the progress of thinking on media campaigns, various promotions and excavated and combined to get the result of a campaign that is considered unusual and unique that makes people feel interested.
The purpose of this study is to find out how the application of event marketing, to know the purchase decision at PT. Traveland Convex Indonesia, and to find out how much influence the event marketing to consumer purchasing decisions. This research uses quantitative method. Sampling using nonprobability sampling method, with purposive sampling technique. The results of this study indicate that event marketing has a positive effect of 50.12%, in consumer purchasing decisions at PT. Traveland Convex Indonesia in 2018, while the remaining 49.88% is influenced by other variables.
Keywords: Event Marketing, Purchasing Decisions

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran