PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK COPHEN MEDIA

Authors

  • Anindya Wiraprasasta Telkom University
  • Rizki Yantami Arumsari Telkom University
  • Siti Hajar Komariah Telkom University

Abstract

Tren konsumsi kopi telah menjadi gaya hidup di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Banyak mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta yang menggunakan coffee shop sebagai tempat belajar, mengerjakan tugas, atau sekadar nongkrong. Saat ini, terdapat sekitar 3000 kedai kopi di Yogyakarta, menunjukkan perkembangan yang pesat. Namun, informasi tentang keberadaan coffee shop masih minim, sehingga banyak orang yang bingung mencari tempat tersebut. Cophen Media adalah salah satu media digital yang memberikan informasi seputar industri kopi dan juga menyediakan layanan periklanan untuk coffee shop. Sejak tahun 2016, Cophen Media telah menjadi panduan dalam bisnis industri kopi di wilayah DIY. Namun, Cophen Media belum berhasil memaksimalkan potensi kerja sama dengan sejumlah coffee shop yang ada. Selain itu, Cophen Media belum memiliki identitas visual yang representatif, seperti kurangnya konsistensi dalam penggayaan visual di media Instagram dan Website mereka. Berdasarkan data dari wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka, Cophen Media membutuhkan strategi desain sebagai solusi untuk mengatasi masalah bisnis dan penerapan desain. Diharapkan perancangan strategi tersebut dapat meningkatkan pemasaran B2B dan memperkuat identitas visual dari Cophen Media. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan saran untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness dari Cophen Media.

Kata kunci: kedai kopi, Cophen Media, strategi desain, identitas visual.

References

Abra, R. S. (2022, September 2). Perkembangan Industri Kopi di Yogyakarta. (P. Jogja, Pewawancara)

Best, K. (2019). Design Management: Managing Design Strategy, Process, and Implementation. London: Bloomsbury Publishing PLC.

Heryanto, T., & Prabawa, B. (2020). Perancangan Strategi Desain Untuk Brand Ien9s Handcraft. e-Proceeding of Art & Design : Vol.7, No.2, 2503-2526.

King, K. A. (2015). The Complete Guide to B2B Marketing. New Jersey: Pearson Education.

Mozota, B. B. (2003). Design management: using design to build brand value and corporate innovation. New York: Allworth Press.

Pandangan Jogja. (2022, September 3). Kumparan. Diambil kembali dari

Pandangan Jogja: https://kumparan.com/pandangan-jogja/ada-3-000-

kedai-kopi-di-seluruh-yogya-terpadat-di-indonesia-1ympBAlgDYG/full

Pandangan Jogja. (2022, September 3). Kumparan. Diambil kembali dari

Pandangan Jogja: https://kumparan.com/pandangan-jogja/putaran-uangdari-kedai-kopi-di-yogya-diperkirakan-capai-rp-700-miliar-per-tahun1ymqNKxIoGG

Pham, V. (2014). Impact of Corporate Visual Identity on Consumer's Perception of a Brand. Finlandia: Turku University of Applied Sciences.

Prabawa, B., & Swasty, W. (2015). Applying Strategic Design to Build Brand Value And Corporate Innovation. Bandung Creative Movement, 177-187.

Shepherd, L. (2013). Market Smart: How to Gain Customers and Increase Profits with B2B Marketing. New York: Authorhouse.

Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual - Edisi Revisi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Susanthi, P. R. (2017). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam). Jurnal Elektronik Rekaman, 30-42.

Downloads

Published

2023-10-31

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual