PERANCANGAN ULANG INTERIOR TANJUNG LESUNG BEACH HOTEL DENGAN PENDEKATAN BUDAYA SUKU BADUY

Authors

  • Sherina Putri Telkom University
  • Aida Andrianawati Telkom University
  • Ully Irma Maulina Hanafiah Telkom University

Abstract

Tanjung Lesung merupakan salah satu kota wisata pantai terletak di kabupaten Pandeglang, Banten yang memiliki potensi keindahan alam pantai yang terjaga keindahannya dan dekat dengan kawasan wisata alam. Tanjung Lesung merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang diperuntukkan sebagai zona perkembangan pariwisata yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2012. Salah satu tujuan dari adanya resort yaitu untuk menghadirkan suasana yang berbeda dengan memanfaatkan potensi yang ada seperti pemandangan alam dan budaya sekitar. resort merupakan sebuah tempat tinggal sementara bagi seseorang yang bertujuan untuk menyegarkan raga dan jiwa dan raga yang berlokasi pada daerah wisata dengan dilatarbelakangi dengan keadaan alam seperti pantai atau gunung yang bertujuan untuk menfasilitasi wisatawan dalam berekreasi. Metode perancangan yang digunakan yaitu dengan observasi lapangan, studi banding, dan studi literatur. Data yang didapat dianalisis lalu di programming dan disusun menjadi tema konsep hingga menjadi hasil akhir perancangan. Tujuan dari perancangan ulang Tanjung Lesung Beach Hotel adalah untuk merancang hotel resort bintang 4 dengan pendekatan budaya suku Baduy agar budaya tersebut dapat dikenal oleh wisatawan dan menjadi pengaruh besar dalam nilai jual untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk menjadi pilihan destinasi rekreasi.

Kata kunci : Budaya, Resort, Baduy

References

Andrianawati, A., Anwar, H., Fidinillah, A., & Goestien, C. S. (2019). Studi Komparasi Desain Meubel Ruang Tunggu Terhadap Kenyamanan Pengunjung Bioskop XXI Bandung Indah Plaza Dengan CGV Bandung Electronik Center. Arsir, 2(2), 80-92.

Aura, A. W., & Hanafiah, U. I. M. (2023). Implementasi Spirit Of Place Dalam Desain Interior Upaya Pembentukan Identitas Suatu Tempat Studi Kasus Hotel The Place Distrik Nangang. Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, Dan Lingkungan Terbangun, 3(1), 111-124.

Ching, F. D. (1985). Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Gushendri, G., Hidayat, W., & Rijal, M. (2015). Transformasi Bentuk Arsitektur Rumah Godang Pada Perancangan Museum Jalur Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik dan Sains, 2(1), 1-15.

Indonesia, D. H. (1987). Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor KM. 94/HK.

Nabila, G. P. (2019). Kajian Budaya Duduk Jawa Sebagai Interaksi Sosial Di Panti Wreda Yogyakarta. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 22(2), 81-86.

Palupi, F. R. (2017). Pencapaian Adaptasi Ide Pada Konsep Bentuk Stool (Studi Kasus Mata kuliah Mebel I). Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, 2(3), 252-262.

Yacob, B., & Santoso, E. B. (2018). Prioritas Pengembangan Infrastruktur Pada Kawasan Ekonomi Khusus Bidang Pariwisata Tanjung Lesung Di Kabupaten Pandeglang.

Downloads

Published

2023-10-31

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Interior