DESAIN BUKU INTERAKTIF BULLYING TERHADAP PENGALAMAN TRAUMATIS PADA REMAJA

Penulis

  • Aprianti Meurcury Telkom University
  • Asep kadarisman Telkom University
  • Syarip Hidayat Telkom University

Abstrak

Manusia melewati pertumbuhan dalam hidupnya, salah satunya adalah masa remaja. Masa remaja disebut dengan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Hal ini menyebabkan adanya perubahan yang dialami oleh mereka. Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam lingkup remaja seperti bullying, sehingga membuat mereka cenderung sulit mengatasi dirinya sendiri. Dalam dirinya, muncul beberapa kondisi seperti kecemasan yang berlebihan, trauma, depresi, bahkan dapat membuat remaja memikirkan keinginannya untuk bunuh diri. Sayangnya, bullying masih sering terjadi di lingkungan sekolah. Tujuan merancang media informasi ini adalah sebagai alternatif untuk mengungkapkan apa yang dirasakan oleh remaja dengan umur 13 – 17 tahun yang sulit mengatasi dirinya setelah mengalami kasus bullying. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, wawancara, dan studio pustaka. Media yang digunakan adalah buku interaktif, dijadikan sebagai wadah mengekspresikan apapun melalui tulisan dan coretan. Manfaat dari buku interaktif ini adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan pikiran negatif.

Kata kunci: Bullying, Kesehatan Mental, Healing, Media Informasi.

Referensi

AKBAR, K. A. (2016). Analisis Implementasi Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Ajibarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO), hal 12Arimi, V., Hidayat, S., & Resmadi, I. (2021). Perancangan Media Informasi Teras Surken Sebagai Destinasi Wisata Kuliner Legendaris Di Kota Bogor.

eProceedings of Art & Design, 8(6).

Dian Indriana, Ragam Alat Bantu Pengajaran,cet pertama. (Jogjakarta: DIVA Press, 2011), hal 1

Fernandya, R. A. S. S., Hidayat, S., & Resmadi, I. (2021). Perancangan Media Informasi Untuk Mengatasi Insecure Pada Perempuan Dewasa Awal. eProceedings of Art & Design, 8(6).

Galing, W. (2013). LKP: Perancangan Desain Layout Media Interaktif PT. Berkah Sedaya (Doctoral dissertation, Stikom Surabaya).

Ismail, M. S., & Kadarisman, A. (2020). Perancangan Komik Edukasi Untuk

Mencegah Bullying Pada Anak Smp. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Kristina, K. (2022). "Dampak Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Stres,

Kecemasan, Depresi pada Mahasiswa Keperawatan", Sebatik, 26 (1)

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Dwi-Quantum.

Pertiwi, A. A., Mustikawan, A., & Siswanto, R. A. (2016). Perancangan Buku

Interaktif Pentingnya Memilah Sampah Dalam Upaya Membentuk Kebiasaan Memilah Sampah Untuk Anak-anak. eProceedings of Art & Design, 3(3).

Ramadhani, A., & Desintha, S. (2019). Perancangan Buku Interaktif Mengenai Proses Desain Grafis Bagi Pemula Di Bandung. eProceedings of Art & Design, 6(3).

Rohmatin, A. S., Resmadi, I., & Hidayat, S. (2020). Perancangan Media Edukasi

Pencegahan Stres Untuk Mahasiswa Di Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE (Desain Komunikasi Visual). Media Pressindo. Yulius, Y. (2016). Peranan Desain Komunikasi Visual sebagai Pendukung Media Promosi kesehatan. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 1(3).

Color Your World to Relieve Stress. (2018). Diakses pada 29 April 2023 dari https://moffitt.org/endeavor/archive/color-your-world-to-relieve-stress/Lestari, Karlina. Memahami Pengertian Remaja dan Tahap Perkembangannya.

(2021). Diakses pada 28 April 2023 dari

https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pengertian-remaja-dantahap-perkembangannya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual