PERANCANGAN REBRANDING BURAYOT SIMADU SEBAGAI MAKANAN KHAS KABUPATEN GARUT

Authors

  • Alya Algrista Cahya Telkom University
  • Ganjar Gumilar Telkom University
  • Nisa Eka Nastiti Telkom University

Abstract

Garut merupakan suatu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Garut dikenal dengan wisata alam dan makanan tradisionalnya. Beberapa makanan khas Kabupaten Garut diantaranya yaitu dodol, dorokdok, burayot, emplod. Namun dari beberapa makanan khas Kabupaten Garut, burayot merupakan makanan yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luar Garut. Burayot merupakan makanan tradisional asal daerah Kadungora yang memiliki rasa manis. Burayot memiliki potensi untuk dikenal masyarakat secara lebih luas. Namun, branding dari Burayot Simadu masih kurang menarik perhatian masyarakat sehingga tidak memaksimalkan potensi pasar yang ada. Perancangan rebranding Burayot Simadu diharapkan dapat meningkatkan brand awareness serta menarik konsumen sesuai dengan target pasar. Pada perancangan kali ini, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu observasi ke cabang utama Burayot Simadu, kuesioner dengan jumlah 100 responden, dan wawancara dengan pegawai Burayot Simadu. Perancangan Burayot Simadu akan mengikuti desain sesuai perkembangan zaman agar makanan tradisional dapat bertahan di gempuran era zaman modern agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Kata kunci: Burayot, Modern, Tradisional, Manis.

References

Anggraini, L. S., & Nathalia, K. (2014). Desain komunikasi visual_: dasar-dasar panduan untuk pemula (I. Fibrianti, Ed.). Penerbit Nuansa.

Budi, A. Sulistio. (2020). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS.

https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-IntiDari-Promosi-Bisnis.pdf

Husnawati. (2017). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP BUYING DECISION SEPEDA MOTOR HONDA (Studi Kasus Mahasiswa UIN Alauddin Makassar). http://repositori.uinalauddin.ac.id/3304/1/Husnawati_opt.pdf

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual (R. W. Rosari, Ed.). Andi Offset.

Sudarma, K. (2014). Fotografi (1st ed.). Graha Ilmu.

Swasty, W. (2016). Branding_: memahami dan merancang strategi merek (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4 (iv). Andi Offset.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual