PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI FIBE MINI MINUMAN KAYA SERAT DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Farrel Ardan Telkom University
  • Nina Nursetia Ningrum Telkom University

Abstract

Demi menjaga Kesehatan tentu saja kita harus menjaga asupan nutrisinya setiap harinya, salah satu nutrisi tersebut adalah serat, Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar dari Kementrian Kesehatan, 95% Masyarakat Indonesia tidak memenuhi asupan serat hariannya, padahal ada beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan serat harian salah satunya adalah dengan meminum Fibe Mini. Fibe Mini adalah minuman yang mengandung 6000mg serat, yang membantu memenuhi 20% kebutuhan serat harian. Fibe Mini juga baik dan aman untuk dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai usia dan dapat dibeli secara langsung di toko - toko terdekat. Akan tetapi kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memenuhi kebutuhan serat, dan juga Fibe Mini masih sangat kurang untuk memanfaatkan fitur dan media sosial yang ada, menjadikan kurangnya awareness masyarakat tentang produk Fibe Mini. Maka dari itu digunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara, kuesioner dan literatur, yang kemudian diolah menggunakan analisis, SWOT dan AOI untuk merumuskan strategi kreatif dan strategi promosi, serta pemilihan media yang tepat, untuk promosi produk Fibe Mini. Sehingga dapat menimbulkan awareness masyarakat tentang produk Fibe Mini. Dengan demikian, perancangan strategi promosi produk Fibe Mini dapat membuat Fibe Mini dikenal lebih luas.

Kata Kunci: Fibe Mini, Serat, Promosi.

References

Agung, L., Sudibyo, G., (2017). Pengantar sejarah dan konsep estetika / Lingga Agung; editor, Ganjar Sudibyo. Yogyakarta: Kanisius.

Anwar, M. A. (2017). How to Develop a Winning Digital Marketing Strategy AISAS Model. Journal of Management and Science, 7(2), 34-42.

Ariprahara, G., (2012). Kajian Analisis Identifikasi Iklan Luar Ruang Wall Painting. Visualita. 4(1), 3-4.

Darmayanti, R. (2020). Strategi Pemasaran Produk Baru Menggunakan Iklan Televisi (Studi Kasus Produk Masker Pelindung Wajah). Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 14(1), 53-66.

Djamaluddin Ancok, dkk. 2014. Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, L. B., & Wijono, A. (2019). Analisis Kreativitas Iklan Radio dalam Perspektif Customer-Based Brand Equity. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 7(2), 151-159. Ilhamsyah. 2021. Pengantar Strategi Kreatif Adverting Era Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Jakwiba, A, R., Ilhamsyah., Budi, S, M. (2022). Perancangan Strategi Promosi Toko Roti

Kartajaya, H., Kotler, P., & Hooi, D. H. (2019). Marketing 4.0: moving from

traditional to digital. World Scientific Book.

Kasali, R. (2005). Membidik pasar Indonesia: Segmentasi, targeting, dan

positioning. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management. Pearson Education.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.

ISSN : 2355-9349 e-Proceeding of Art & D

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson Education.

Moriarty, S., Mitchell, N. D., Wells, W. D., Crawford, R., Brennan, L., & SpenceStone, R. (2014). Advertising: Principles and practice. Pearson Australia.

Nurcholis, Agus. (2010). Periklanan: Konsep, Strategi, dan Kasus. Jakarta: Erlangga.

Purnomo, H. (2008). Desain Komunikasi Visual: Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sitorus, J. H., & Sakban, M., (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko mandiri 88 Pematangsiantar. Jurnal Bisantara Informatika, 5(2), 3-4. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit:

Alfabeta: Bandung.

Yudianto, A. (2020). Analisis Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Produk Teknologi Informasi). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 20(1), 61-76.

Williams, R. (2015). The non-designer's design book: Design and typographic principles for the visual novice. Pearson Education.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual