PERANCANGAN WARNA PADA ANIMASI PENDEK 'SOCIAL FIGHTER'

Penulis

  • Wahyu Agung Nugroho Telkom University
  • Rully Sumarlin Telkom University
  • Angelia Lionardi Telkom University

Abstrak

Instagram adalah salah satu platform adalah suatu platform sosial media dengan banyak pengguna, salah satunya masyarakat Indonesia. Penggunanya sendiri memiliki banyak kategori usia, yang didominasi oleh remaja. Hal tersebut membuka celah bahwa terjadinya hal yang tidak diharapkan pada sosial media seperti cyberbullying. Perilaku itu juga dapat merugikan banyak pihak yang terlibat dikarenakan telah banyak kasus yang terjadi sebelumnya. Oleh sebab itu diperlukannya himbauan terhadap fenomena tersebut dengan menggunakan Animasi 2D yang sudah sangat dikenal dikalangan remaja. Penulis memiliki tanggung jawab sebagai colorist, yang nantinya akan merancang warna terhadap Animasi tersebut. Penulis membuat Animasi pendek tersebut berdasarkan data yang telah dikumpulkan, melalui metode perancangan kualitatif, dengan metode pengumpulan observasi, wawancara dan studi pustaka. Data tersebut pun diolah dan di analisis menjadi data deskriptif kualitatif. Tahap tahap berikut yang menghasilkan sebuah pewarnaan pada Animasi pendek supaya lebih sesuai dengan konsep dan jalan ceritanya

Kata kunci: Colorist, Cyberbullying, Instagram.

Referensi

Asraf, Syed Muhammad Hazry & Syed Idrus, Syed Zulkarnain. (2020). Hybrid Animation: Implementation of Three-Dimensional (3D) Animation. Journal of Physics: Conference Series.

Brainard, David H., & Hurlbert, Anya C (2015). Colour Vision: Understanding. Philadelphia, USA: Elsevier Inc.

Lionardi, Angelia. 2021. Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak. Bandung: Universitas Telkom.

Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Prabowo, Dix. 2020. Pengaruh media sosial instagram, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kemudahan mengakses produk terhadap niat beli konsumen. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekaya Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Said, Abdul Azis., & Husein, A. Mattaropura. (2006). Dasar desain dwimatra. Makassar, IDN: UNM Makassar

Sumarlin, Rully. 2019. Kajian Pengaruh User Experience Terhadap User Interface Pada Aplikasi Berbasis Web Di Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Studi Kasus Zi. Care). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

White, Tony. (2006). Animation From Pencils to Pixels. Oxford, UK: Elsevier Inc.

Wijaya, Reffeyan Gazha. (2021). Perancangan palet warna untuk animasi pendek 2d

Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and cyberthreats: Responding to the challenge of online social aggression, threats, and distress. Research Press

Alisa. (2022, Desember 02). Warna Sekunder dan Kombinasinya dalam Desain. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/warnasekunder/#Pengelompokkan_Warna_Berdasarkan_Teori_Brewster.

Andrew. (2022, Desember 03). Teori Warna Menurut Para Ahli & Color Wheel. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/teori-warna/.

ePsikologi. Psikologi Warna: Pengertian, Teori dan Manfaatnya Untuk Bisnis. Diakses pada Desember 02, 2022, dari https://epsikologi.com/psikologi-warna/#1-menurut-avicenna.

Jeph, Priyanka. (2022, Desember 01). From Hue to Color Story - A Basic Understanding of Colors. Diakses dari https://www.qed42.com/insights/coe/design/hue-color-storybasic-understanding-color Profesi. Cyberbullying: Racun Social Media di Indonesia. Diakses pada November 10, 2022,

dari https://profesi-unm.com/2021/11/29/cyberbullying-racun-social-media-diindonesia/.

Riadi, Muchlisin. (2022, Desember 01). Warna (Definisi, Unsur, Jenis dan Psikologi). Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2020/10/warna-definisi-unsur-jenis-danpsikologi.html.

Riadi, Muchlisin. (2022, November 06). Pengertian, Bentuk, Karakteristik dan Tindak Pidana Cyberbullying. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2019/11/pengertianbentuk-karakteristik-dan-tindak-pidana-cyberbullying.html.

Sastrawacana.id. 10 Pengertian Kuesioner Menurut Para Ahli Diakses pada April 20, 2023, dari https://www.sastrawacana.id/2022/09/pengertian-kuesioner-menurut-para-ahli.html

Thabroni, Gamal. (2022, Desember 01). Teori Warna: Proses Terjadinya Warna Menurut Para Ahli. Diakses dari https://serupa.id/teori-warna/.

Thabroni, Gamal. (2022, Desember 03). Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli. Diakses dari https://serupa.id/metode-penelitian/

Zubaidi, Zaki. (2022, Oktober 19). 45 Persen Anak Muda Indonesia Jadi Korban Cyber Bullying. Diakses dari https://jatimnow.com/baca-46626-45-persen-anak-muda-indonesia-jadikorban-cyber-bullying.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual