REKOMENDASI PERANCANGAN TRANSMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERSONAL BRANDING VTUBER

Penulis

  • Bintang Septiawan Telkom University
  • Patra Aditia Telkom University
  • Rizki Yantami Arumsari Telkom University

Abstrak

Budaya populer tumbuh dan berkembang secara pesat di Indonesia lewat media massa, salah satunya Anime yang populer di Indonesia berkat penayangannya di televisi Indonesia yang disambut respon positif sehingga menjadi trend yang populer. Hingga saat ini, banyak fans yang membentuk komunitas fanbase dan terobsesi dengan hal - hal yang berkaitan dengan budaya populer Jepang, Idol salah satunya. Di Jepang sendiri, Idol berkembang sangat pesat dan massal penyebarannya sehingga merambah ke dunia virtual yang melahirkan Idol virtual seperti Kizuna AI yang terkenal dalam komunitas Vtuber, membuat banyak fans yang ingin menjadi talent VTuber. Namun, banyaknya jumlah talent yang muncul membuat para talent kesulitan untuk bersaing dengan talent lain dan memunculkan dirinya untuk menarik perhatian penonton. Salah satunya adalah Miori Celesta, ia masih belum cukup untuk bersaing dengan talent VTuber yang sudah memiliki nama besar di dalam komunitas VTuber akibat belum memiliki personal branding yang kuat untuk menarik perhatian penonton. Oleh karena itu, berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka diperlukan perancangan transmedia untuk memperkuat personal branding dari Miori Celesta. Hasil dari Penelitian diharapkan dapat menjadi saran untuk meningkatkan popularitas Miori Celesta dan sebagai sampel untuk talent VTuber lainnya untuk memberikan pengalaman interaktif dan menarik kepada penggemar.

Kata kunci: Personal Branding, Transmedia, VTuber, Miori Celesta

Referensi

Nugroho, P. A., & Hendrastomo, G. (2017). ANIME SEBAGAI BUDAYA POPULER (STUDI PADA KOMUNNITAS ANIME DI YOGYAKARTA). Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Kovacic, M., Hiroshi, A., & Galbraith, P. W. (Eds.). (2021). Idology in Transcultural Perspective: Anthropological Investigations of Popular Idolatry. Springer International Publishing.

Petruca, I. (2016, December). PERSONAL BRANDING THROUGH SOCIAL MEDIA. International Journal of Communication Research, 6(4).

Scheidt, S., Gelhard, C., & Hanseler, J. (2020, August 11). Old Practice, but Young Research Field: A Systematic Bibliographic Review of Personal Branding. Systematic Review, 11. From

https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2020.01809/full

Scolari, C. A. (2009). Transmedia Storytelling: Implicit Consumers, Narrative Worlds, and Branding in Contemporary Media Production. International Journal of Communication 3. Vivek, S. D. (2009). A SCALE OF CONSUMER ENGAGEMENT.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual