STRATEGI PROMOSI WISATA ALAM SITU CISANTI DI DESA WISATA TARUMAJAYA KABUPATEN BANDUNG

Penulis

  • Reno Malik Akbarkhan Telkom University
  • Runik Machfiroh Telkom University
  • Aisyi Syafikarani Telkom University

Abstrak

Penelitian ini akan merumuskan strategi promosi wisata alam Situ Cisanti yang ada di Desa Wisata Tarumajaya berdasarkan analisis situasi dan integrasi elemen komunikasi pemasaran khususnya Desain Komunikasi Visual. Promosi yang digunakan masih bersifat pasif, media promosi juga belum menentukan ciri khas yang ditentukan, terlebih lagi konten visual dalam mempromosikan Situ Cisanti hanya sedikit yang muncul. Maka, penelitian ini memberikan cara merancang strategi kreatif serta memanfaatkan sosial media secara efektif untuk promosi Situ Cisanti. Metode yang digunakan penelitian ini adalah AISAS, SWOT, dan AOI dengan hasil event yang diselenggarakan pada hari jadi Desa Wisata Tarumajaya.

Kata Kunci : Strategi Promosi, Wisata Alam, Sosial Media

Referensi

Herdiana, D. (2019). Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6(2), 1-10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. New Jersey : Pearson Education.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Saskara, I. P. A. (2021). Buku Ajar Media Periklanan Berbasis Implementasi Tutorial Praktek (Dasar, Penggunaan, dan Pembuatan Iklan). Yogyakarta : Deepublish.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Yogyakarta : Graha Ilmu. Desa Wisata Tarumajaya. (n.d.). PROFIL. Diakses pada 6 Juli, 2023, dari https://www.desawisatatarumajaya.com/profil.

WordStream. (2016). Generational Marketing : How to Target Millennials, Gen X, & Boomers. Diakses pada 6 Juli, 2023, dari

https://www.wordstream.com/blog/ws/generational-marketing-tactics.

Laksana, I. N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Sepatu Nike di Surabaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra.

Hardiansyah, D., Nurusholih, S., & Machfiroh, R. (2019). Perancangan Media Promosi untuk Meningkatkan Pengunjung Museum Nasional Indonesia. Universitas Telkom.

Ramadhan, I., Wirasari, I., & Syafikarani, A. (2022). Perancangan Strategi Promosi Muslim Fashion Cover Me. Universitas Telkom.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual