Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik

Penulis

  • Alifya Hikmah Telkom University
  • Fairuz Azmi Telkom University
  • Ratna Astuti Nugrahaeni Telkom University

Abstrak

Abstrak— Penggunaan sistem layanan informasi berbasis website merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi civitas saat ini. Terutama dalam bidang informasi akademik seperti biaya kuliah, beasiswa, dan lain sebagainya. Maka dari itu dibutuhkan satu sistem yang dapat menjawab pertanyaan, serta dapat meminimalisir waktu untuk menjawab pertanyaan yang sering kali ditemukan sama. Pada tugas akhir ini, dibuatlah sistem Chatbot yang dapat memudahkan pengguna dalam pencarian informasi serta menjawab pertanyaan yang diinginkan terkait layanan akademik. Chatbot ini menerapkan Natural Language Processing (NLP), sehingga seolah-olah pengguna sedang melakukan interaksi dengan manusia sungguhan. Sistem chatbot ini menggunakan metode neural network untuk menghasilkan informasi yang tepat. Proses dari neural network terdiri dari input, preprocessing dan output. Pengujian pada sistem chatbot ini menggunakan metode pengujian beta dengan Usability Testing yang mendapatkan hasil sebesar 93% dari total 42 responden dan 6 pertanyaan. Untuk pengujian akurasi pada chatbot mendapatkan hasil 100% dari total 54 pertanyaan yang diajukan secara acak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dinyatakan bahwa chatbot ini mampu memberikan response dengan menilai jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh pengguna berdasarkan keywords     pada     chatbot,     sehingga     chatbot     dapat memberikan jawaban yang tepat.

Kata kunci—   Chatbot,   Layanan   Akademik, Natural Language Processing (NLP), Neural Network.

Referensi

A. Ahmad, "Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning," Yayasan Cahaya Islam, 22 Juni 2017.

I. M. S. I. K. G. D. P. I Nyoman Satria Paliwahet, "Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot," vol. 8, 2017.

A. Tasyah, D. Rahyu, D. B. Utomo, D. Fadillah, F.

F. Nuruladhi, I. Ardiansyah, L. M. I. Afriansyah, R.

D. Yudhistira, S. Marfirah and S. O. Hariansyah, "Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot," vol. 8, 2017.

A. D. R, F. Imamah, Y. M. Andre and A. , "APLIKASI CHATBOT (MILKI BOT) YANG TERINTEGRASI DENGAN WEB CMS UNTUK CUSTOMER SERVICE PADA UKM MINSU," Jurnal Cendikia, vol. XVI, 2018.

S. Sena, "Pengenalan Deep Learning Part 1 : Neural Network," Medium, 28 October 2017. [Online]. Available: https://medium.com/@samuelsena/pengenalan- deep-learning-8fbb7d8028ac. [Accessed 4 August 2022].

F. Mustakim, F. and N. Hayati, "Algoritma Artificial Neural Network pada Text-based Chatbot Frequently Asked Question (FAQ) Web Kuliah Universitas Nasional," Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 5, 2021.

D. R. Rahadi, "Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android," Sistem Informasi, vol. 6.

F. Yusup, "Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif," vol. 7, 2018.

N. . A. Purwitasari and M. Soleh, "Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam

Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing," IPTEK, 2022.

M. Romzi and B. Kurniawan, "PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PYTHON DENGAN PENDEKATAN LOGIKA ALGORITMA," Teknik Informatika Mahakarya, vol. 3, 2020.

N. R. and S. , "Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah," Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 10, 2020.

A. Sahi, "Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk LP3I Berbasis Web Online menggunakan Framework Codeigniter," Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 7, 2020.

H. Hani, D. B. Prasetyo and H. C. Rustamadji, "OTOMATISASI LAYANAN FREQUENTLY ASK QUESTIONS BERBASIS NATURAL LANGUGAE PROCESSING PADA TELEGRAM BOT," Telematika, vol. 17, 2020.

A. Santoso and G. Ariyanto, "Implementasi Deep Learning berbasis Keras untuk Pengenalan Wajah," Teknik Elektro, vol. 18, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-06

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Komputer