Implementasi REST API Pada Pengembangan Aplikasi Backend Untuk Platform Kursus Online (Growup)

Authors

  • Rizqy Eka Putra Rizaldy Telkom University
  • Umar Ali Ahmad Telkom University
  • Burhanuddin Dirgantoro Telkom University

Abstract

Abstrak— Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, hal ini menyebabkan meningkatnya perusahaan rintisan yang mengembangkan produk berbasis digital juga perusahaan lainnya yang menambahkan produk berbasis digital. Hal ini tentunya juga diiringi dengan meningkatnya permintaan akan kebutuhan talenta digital di Indonesia. Namun sayangnya  kapasitas jumlah dan kualitas talenta digital di Indonesia masih belum bisa memenuhi permintaan ini. Untuk mengatasi hal itu GrowUp hadir untuk menjembatani dan mengurangi ketimpangan antara permintaan dan kesediaan serta kualitas talenta digital yang ada di Indonesia. GrowUp akan menghadirkan produk dalam bentuk website kursus online yang didalamnya akan diterapkan metode FCP (Fundamental, Conceptual dan Practical) sehingga user dapat memperoleh pengetahuan dan juga kemampuan pemecahan masalah yang kuat serta memahami cara mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh untuk membantu ekosistem digital di Indonesia berkembang ke depannya. Untuk mengembangkan platform berbasis website ini maka dibutuhkan pengembangan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan pertukaran data dan juga transaksi yang terjadi di dalam platform. Penelitian yang dilakukan akan berfokus pada implementasi REST API dalam mengembangkan aplikasi backend pada platform GrowUp sehingga dapat menunjang kebutuhan pertukaran dan pemrosesan data yang terjadi di dalam platform.
Kata kunci— aplikasi backend, growup, REST API

References

Krystal, “Backend Development - The Beginner's Guide to Backend Technologies (2022),” Learn To Code With Me, 2 Februari 2022. [Online]. Available: https://learntocodewith.me/posts/backend-development/. [Diakses 26 Mei 2022].

F. Doglio, REST API Development with Node.js, vol. 2, L. Corrigan, J. Markham and N. Chen, Eds., La Paz, Canelones: Apress Media LLC, 2018.

L. Gupta, “What is REST - REST API Tutorial,” REST API Tutorial, 22 April 2022. [Online]. Available: https://restful.api.net. [Diakses 26 Mei 2022].

K. Rungta, Learn NodeJS in 1 Day, Ahmedabad: Khrisna Rungta, 2016.

S. Fenton, Pro TypeScript: Application-Scale JavaScript Development, Basingstoke: Apress Media LLC, 2018.

V. Khorikov, Unit Testing, New York: Manning Publications Co., 2020.

R. Julianto, “Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya - Dicoding Blog,” Dicoding Indonesia, 12 Mei 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/. [Diakses 26 Mei 2022].

A. D. Sole, Visual Studio Code Distilled : Evolved Code Editing for Windows, macOS, and Linux, Cremona: Apress Media LLC, 2019.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Komputer