Perancangan Usulan Perbaikan Proses Bisnis Optik Cicendo Dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement

Penulis

  • Judith Dwilenda Telkom University
  • Endang Chumaidiyah Telkom University
  • Yudha Prambudia Telkom University

Abstrak

Abstrak— Optik Cicendo merupakan sebuah gerai kacamata yang berdiri sejak Agustus tahun 1971. Produk dari usaha ini, yaitu Frame dan lensa kacamata. Proses bisnis usaha ini masih tergolong belum optimal. Adapun cara dalam mengatasi masalah tersebut yaitu memperbaiki proses bisnisnya. Metode yang dilakukan dalam perbaikan proses bisnis ini adalah Business Process Improvement (BPI). Metode BPI berfokus untuk membantu suatu usaha menciptakan inovasi atau inisiatif baru demi meningkatkan performansi suatu proses bisnis eksisting. Tahapan dilakukan mulai dari pengumpulan data. Selanjutnya tahapan perancangan yang bertujuan untuk mendapatkan understanding about the process, dengan cara meneliti waktu siklus eksistingnya lalu mengelompokkan aktivitasnya berdasarkan RVA, BVA, dan NVA, yang disertai dengan menghitung EWS (Efisiensi Waktu Siklus) proses bisnis eksisting. Selanjutnya menyederhanakan aktivitas proses bisnis eksisting dengan streamlining. Selanjutnya, melakukan validasi untuk memastikan rancangan usulan tersebut sesuai dengan requirement usaha ini. Dilanjutkan dengan melakukan tahapan measurements and controls dengan menghitung EWS usulan. Didapatkan pengurangan aktivitas yang terjadi dari 12 aktivitas menjadi 10 aktivitas. Terjadi juga pengurangan total waktu siklus yang awalnya sebesar 118 menit berkurang menjadi sebesar 74,5 menit dengan peningkatan persentase EWS dari 65.25% menjadi sebesar 67.79%. Hal ini menunjukkan bahwa proses bisnis usulan layak untuk diterapkan karena terbukti lebih cepat dan efisien.
Kata kunci— proses bisnis, business process improvement, waktu siklus

Referensi

- Aini, Qurotul, Marvio Hardini, Untung Rahardja. (2018). Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan. Tangerang: Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA.

- Bagaskara, Prakoso Adi, Andi Reza Perdanakusuma, & Nanang Yudi Setiawan (2019). Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis dengan menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) pada PT. Andynni Chitta Sejahtera Kota Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

- Fariani, Rida Indah, Ageng Kurniawan, Fitriani Febry. (2018). Business Process Automation (BPA) dalam Pencatatan dan Pemantauan Biaya Berbasis Android dan Web (Studi Kasus di Dept. Finance PT. Astra Komponen Indonesia). Kabupaten Kudus: ISBN: 978-602-1180-86.

- Dwiartono, Satrio, Aditya Rachmadi, & Nanang Yudi Setiawan. (2019). Rekomendasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement Pada PT. Trivia Nusantara. Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

- Hartono, S. (2017). Pengenalan Business Process Improvement. BINUS Higher Education. https://sis.binus.ac.id/2017/10/02/pengenalan-business-process-improvement/

- Harrington, H. (1991). Business Process Improvement . Dalam H. Harrington, Process Improvement : The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productive and Competitiveness (hal. 289). San Jose, California: McGraw-Hill, Inc.

- Novitasari, Fany Putri, Heriyono Lalu, & Marina Yustiana Lubis. (2020). Perancangan Perbaikan Proses Pemesanan Sepatu Di Pt. Primarindo Asia Infrastructure Dengan Metode Business Process Improvement. Bandung: ejournals Telkom University.

- Oetomo, Dedy Setyo, Rizky Fajar Ramadhani. (2021). Usulan Perbaikan Proses Bisnis Departemen J20 di PT Indorama Synthetics Tbk dengan Menggunakan Metode Business Process Reengineering. Purwakarta: Jurnal Media Teknik & Sistem Industri.

- Prasetyo, Andy. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan. Kabupaten Tegal: Jurnal Politeknik Purbaya.

- Setyawan, Erico Dwi. (2020). Analisis dan Perancangan Proses Bisnis dengan Pendekatan Quality Evaluation Framework (QEF). Yogyakarta: Jurnal Repositori Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri