Analisis Performansi Biaya Teknologi Informasi Menggunakan Fungsi Produksi Cobb Douglas Pada PT. Telkom Indonesia

Penulis

  • Devi Permata Ningrum Telkom University
  • Lukman Abdurrahman Telkom University
  • Ari Fajar Santoso Telkom University

Abstrak

Abstrak—Karya ini dibuat untuk mengetahui pengaruh nilai TI pada kinerja perusahaan berbasis TI yaitu PT. Telkom Indonesia. Fungsi Produksi Cobb Douglas dipakai untuk mencari pengaruh nilai TI, regresi linear dan nonlinear merupakan pengujian yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini, yang menunjukkan perubahan output selama proses produksi tidak selalu mulus seperti yang diharapkan. Penting untuk memverifikasi saat memeriksa biaya pengeluaran TI pada perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder PT. Telkom Indonesia selama 15 tahun terakhir. Data yang diambil untuk melakukan perhitungan yaitu K yang merupakan nilai ekuitas, L nilai biaya tenaga kerja, dan I nilai biaya belanja TI. SPSS merupakan alat untuk pengujian dari mulai uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, dan uji autokorelasi) uji hipotesis (uji R, uji F, dan uji T), regresi linear, dan regresi nonlinear. Penelitian ini mengarah pada pemahaman bahwa nilai TI memang nyata dalam meningkatkan kinerja perusahaan, dan menolak paradoks yang menyatakan tidak adanya hubungan antara nilai TI dengan profit yang akan diterima perusahaan. Dengan demikian, hasil karya ini sangat terbuka untuk studi yang membahas mengenai nilai TI agar berkembang lebih lanjut.

Kata kunci — nilai TI, telkom indonesia, fungsi produksi cobb douglas, SPSS

Referensi

T. Sutabri, Pengantar Teknol. Inf. Yogyakarta (2014) Andi.

L. Abdurrahman, Valuasi Bisnis Teknol. Informasi. Bandung Inform. (2019).

A. Amra, H. Herawati, J. Kaji. Akunt. Dan Audit. 5 (2011) 1–16.

G.N. Ayuni, D. Fitrianah, J. Telemat. 14 (2019) 79–86.

N. Laili Arofah, Estimasi Nonlinear Least Trimmed Squared Pada Model Regresi Nonlinear Yang Dikenai Outlier 3 (2015) 1–15.

F. Amalia, Signifikan J. Ilmu Ekon. 3 (2014) 45–62.

I.N. Alkarimah, (2017) 1–252.

A. Rahmana, Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2009 (SMATI 2009) 2009 (2009) B11–B15.

I.A. Paramitha, Conv. Cent. Di Kota Tegal (2017) 6–37.

D. Rahmawati, J. Ekon. Dan Pendidik. 5 (2012) 107–118.

R. gilang jodi Putra, Paradoks Produktivitas Teknologi Investasi Sistem Aplikasi Crm ( Studi Kasus:Productivity Paradox of Information Technology:Investment Analysis of Crm Application System ( Case Study:Pt . Xyz ), 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi