Analisis Perancangan Enterprise Architecture Enterprise Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Domain Data dan Informasi Di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Tasya Nozuka Hasprasi Telkom University
  • Ari Fajar Santoso Telkom University
  • Falahah Falahah Telkom University

Abstract

Abstrak—Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dikatakan sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas pemerintah di berbagai bidang. Teknologi Informasi dan Komunikasi ini memiliki sebuah tujuan untuk mempercepat mewujudkan suatu governance yang baik.. Maka dari itu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang sering disebut dengan E-Goverment. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini memiliki suatu tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, transparan, efektif, efisien, lalu mewujudkan pelayanan yang berkualitas serta terpercaya, serta mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terpadu, baik pada tingkat nasional, tingat instansi pusat, maupun tingkat pemerintah daerah. Pada tingkat daerah, salah satu pemerintah daerah yang sudah menerapkan SPBE adalah Pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Akan tetapi, tingkat kematangan atau nilai indeks SPBE di Kabupaten Purwakarta masih berada pada kategori baik. Oleh karena itu masih relevan untuk dilakukan perancangan Enterprise Architecture pada domain data dan informasi dengan menggunakan framework TOGAF. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah rancangan Data Architecture Pemerintah Kabupaten Purwakarta.
Kata kunci— TIK, E-Government, SPBE, enterprise architecture

References

P. Pusat, "Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," 2018.

M. P. A. Negara, "Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 2018.

K. P. A. N. d. R. Birokrasi, "Indeks SPBE Pemerintah Kab. Purwakarta," 2018.

K. PPN/Bappenas, "Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia," Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, 2019.

G. Osvalds, "Definition of Enterprise Architecture-centric Models for the Systems Engineer," INCOSE International Symposium, p. 1, 2001.

K. P. A. N. d. R. Birokrasi, "Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," 22 Mei 2020. [Online]. Available: https://www.menpan.go.id/site/kelembagaan/sistem-pemerintahan-berbasis-elektronik-spbe-2. [Accessed 4 November 2021].

S. You, Y. L. Lin Zhu, R. Robertson and Y. Liu, "Data Architecture for the Next-Generation Power Grid: Concept, Framework, and Use Case," Proceedings - 2015 2nd International Conference on Information Science and Control Engineering, 2015.

T. O. Group, TOGAF Version 9.1, U.S.: The Open Group, 2011.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi