Implementasi Dan Analisis Profil Sistem Pada Virtualisasi Sophos Firewall Berdasarkan Metrik Sumber Daya Komputasi

Authors

  • Lathifa Artaminati Telkom University
  • Adityas Widjanarto Telkom University
  • M. Teguh Kurniawan Telkom University

Abstract

Abstrak— Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melalauinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Firewall dapat digunakan untuk mencegah serangan pada layanan IT. Pada penelitian ini melakukan implementasi firewall pada load testing. Penelitian ini menggunakan studi literatur dan analisa monitoring pengukuran penggunaan sumber daya komputasi sebagai metode untuk melakukan pengujian. Pengujian dilakukan meggunakan dua skenario pengujian serangan yaitu service HTTP allow dan service HTTP block dengan melakukan monitoring pada tiga jenis klasifikasi serangan yaitu sebellum , saat, dan setelah serangan. Pada penelitian ini menggunakan virtualized Sophos firewall versi 16.3.2 dengan RAM 3,5 GB dan 4 GB untuk melakukan pengujian atau Ekperimen. Eksperimen pada skala laboratorium berupa virtualized Sophos firewall dengan rules firewall untuk menangani serangan DDoS SYN flood dari Kali Linux yang mengarah ke web server di Ubuntu server. Hasil eksperimen pada firewall berupa konsumsi sumber daya komputasi tertinggi yaitu CPU 98,7%, memory 72% dan session 243837,53. Untuk kelanjutan penelitian dapat berupa profil yang menggambarkan relasi antara serangan, firewall, dan server.
Kata kunci— virtualized sophos, firewall, profiling, monitoring, sumber daya komputasi

References

O. A. M. A. H Kara, “No Title No Title No Title,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 7, no. 2, pp. 107–15, 2014.

A. Hikmaturokhman, A. Purwanto, and R. Munadi, “Analisis Perancangan Dan Implementasi Firewall Dan Traffic Filtering Menggunakan Cisco Router,” Semin. Nas. Inform., vol. 1, no. 3, pp. 1–8, 2015.

Y. Zamrodah, “No Title No Title No Title,” vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

D. Tarigan and U. M. Buana, “Sistem Informasi Manajemen Keamanan Informasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Desi Ramadani Br Tarigan,” no. July, pp. 0–17, 2020.

N. Annisa, “Mini Tinjauan Perangkat Keras Komputer,” J. Komput., pp. 1–20, 2021.

RI No. 43 20Permenkes19, No Title, no. 2. 2019.

K. Pustaka, “1. kajian pustaka 2.1,” pp. 1–17.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi