Penggunaan Metrik Alignment Goals COBIT 2019 Untuk Pengukuran Balanced Scorecard TI Di Unit Government Complaint Handling Divisi SDA PT XYZ

Authors

  • Anisah Fredella Telkom University
  • Lukman Abdurrahman Telkom University
  • Rahmat Mulyana Telkom University

Abstract

Abstrak— IT Balanced Scorecard adalah suatu teknik dalam pengkorelasian tujuan perusahaan dengan teknologi informasi supaya dapat memberikan nilai di suatu perusahaan. Pembuatan model IT Balanced Scorecar pada penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada antar perspektif. Pengukuran IT Balanced Scorecar pada divisi Government Complaint handling dilakukan pada penelitian ini terutama pada bagian Solution, Delivery, dan Assurance PT XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah pengukuran berbasis COBIT 2019 yang berisi metrik alignment goals guna memperoleh data yang sesuai supaya dapat diukur. Pada pengukuran menggunakan empat perspektif: corporate contribution, costumer orientation, operational excellence, dan future orientation digunakan sebagai landasan dalam pengukuran IT Balanced Scorecard. Data yang diperoleh kemudian diolah sehingga menjadi data yang dapat dianalisis dalam hubungan dan kesenjangannya. Hasil yang didapatkan berupa hubungan dan kesenjangan yang terjadi dari keempat perspektif dan unit yang bersangkutan.
Kata kunci— IT balanced scorecard, COBIT 2019, metrik alignment goals.

References

Ilahiyah, E., & Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Jiak. (n.d.). PERANCANGAN IT BALANCED SCORECARD DI PERGURUAN TINGGI Dian Palupi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

ISACA. (2018). Governance and Management Objectives. In COBIT® 2019 Framework. https://www.isaca.org/resources/cobit

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Asnidar (ed.)). CV. Pilar Nusantara.

Solimun, Armanu, & Fernandes, A. A. R. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF PERSPEKTIF SISTEM. UB Press.

Ulfatin, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia.

Surendro, K. (2009). Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung: Informatika

Handoko, Catherine, & Riche. (2019). Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Perusahaan ABC Menggunakan IT Balanced Scorecard dan Btripplee Framework. Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(1), 323–328. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1608

Nuralimi, A. F. (2021). Perancangan it balanced scorecard berbasis cobit 2019 menggunakan metode structural equation modelling (sem) berbasis varian di pt.telekomunikasi indonesia tbk pada unit top 20 / public service.

Zakwan, S., Ratnawati, S., & Hidayah, N. A. (2014). Audit tata kelola sumber daya teknologi informasi dengan kerangka kerja cobit 4.1 untuk evaluasi manajemen pada badan pengawasan keuangan dan pembangunan.

Handoko, Catherine, & Riche. (2019). Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Perusahaan ABC Menggunakan IT Balanced Scorecard dan Btripplee Framework. Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(1), 323–328. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1608

Sari, F. D. F. (2020). Pengukuran Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Metode Net Promoter Score Pada Perusahaan Platform Digital. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi