Pengukuran Balanced Scorecard TI Berbasis COBIT 2019 Menggunakan Metrik Alignment Goals Di Divisi SDA PT XYZ Unit Incident Management Top 200

Authors

  • Elysia Estiningtyas Telkom University
  • Lukman Abdurrahman Telkom University
  • Rahmat Mulyana Telkom University

Abstract

Abstrak-Teknologi informasi (TI) penting bagi perusahaan sebagai support system dalam mengukur kinerja bisnis, efisiensi dan efektivitas untuk mendukung operasional perusahaan. Balanced Scorecard TI (BSC TI) merupakan alat ukur teknologi informasi perusahaan yang memiliki empat perspektif yaitu Corporate Contribution, Customer Orientation, Operation Excellence, Future Orientation. Kerangka kerja yang digunakan untuk menunjang pengukuran BSC TI yaitu framework COBIT 2019. COBIT 2019 merupakan framework yang menyediakan pedoman pengukuran kinerja serta evaluasi terhadap implementasi teknologi informasi perusahaan. Pengukuran BSC TI dilakukan pada unit Incident Management Top 200 di PT XYZ untuk mengetahui implementasi pengukuran kinerja divisi. Identifikasi metrik pengukuran perspektif BSC TI didapatkan 13 metrik yang tertuang ke dalam masing-masing perspektif dengan 4 metrik pada perspektif Corporate Contribution, 2 metrik pada Customer Orientation, 5 metrik pada Operation Excellence, dan 2 metrik pada Future Orientation.
Kata Kunci - balanced scorecard TI, COBIT 2019, alignment goals

References

A. N. Hidayanto, Y. Ahmadin, and M. A. Jiwanggi, “Pengukuran Tingkat Dukungan Teknologi Informasi Pada Direktorat Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Direktorat Jenderal Pajak Dengan Menggunakan IT Balanced Scorecard,” J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 117–125, 2010.

K. Maula and K. Ghozali, “Evaluasi Kinerja IT pada PT XYZ Menggunakan IT Balanced Scorecard,” J. Tek. POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012.

Gondodiyoto, Audit Sistem Informasi dan Pendekatan COBIT. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2007.

R. R. Suryono, D. Darwis, and S. I. Gunawan, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung),” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, pp. 16–22, 2018.

S. Zakwan, S. Ratnawati, and N. A. Hidayah, “Audit tata kelola sumber daya teknologi informasi dengan kerangka kerja cobit 4.1 untuk evaluasi manajemen pada badan pengawasan keuangan dan pembangunan,” 2014.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi