Perancangan dan Analisis Crowdsec Sebagai Intrusion Prevention System pada Infrastruktur Server

Penulis

  • Muhammad Thariq Sunu Rendratama Telkom University
  • Parman Sukarno Telkom University
  • Aulia Arif Wardana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Belakangan ini perkembangan teknologi semakin membesar, industri - industri Technology Information (IT) banyak menerapkan dan membangun teknologi - teknologi baru tersebut ke dalam bisnis perusahaannya, salah satunya bisnis Financial Technology atau biasa disebut Fintech. Fintech ini merupakan sebuah industri perusahaan yang berbasis finansial atau keuangan, dimana mereka ingin memberikan layanan dalam mengelola uang kepada masyarakat agar lebih efisien dan juga mudah. Banyak dari Fintech ini memberikan layanan keuangan misalkan payment, assest management, dan juga financing [2] secara daring tersebut. Dari banyak hal Fintech tersebut maka akan semakin banyak juga kejahatan siber di internet yang mengincar perusahan tersebut, untuk itu orang - orang yang berada di dalam sektor tersebut perlu meningkatkan sistem keamanan yang sangat ekstra guna menangkal serangan - serangan yang ada. Dan salah satu cara yang paling ampuh digunakan adalah memblokir akses pengguna ke dalam sistem bagi pengguna yang dinilai bersifat membayakan, dan tool yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Crowdsec. Crowdsec merupakan sebuah Intrusion Detection and Prevention System (IDPS) untuk mendeteksi dan juga mencegah sistem dari ancaman siber yang ada, teknisnya adalah dia akan mem-ban atau memblokir akses pengguna melalui IP address yang dibacanya sebagai akses mencurigakan atau gagal.

Kata Kunci- fintech, blockchain, cryptocurrentcy crowdsec, pengguna, sistem.

Referensi

Gregor Dorfleitner, Lars Hornuf, Matthias Schmitt, Martina Weber. “Definitions of Fintech and Description of the Fintech Industry”. Springer 2017.

Michael Nofer, Peter Gomber, Oliver Hinz, Dirk Schiereck. “Blockhain”. Springer Fachmedien Wiesbaden 2017, 20 March 2017.

Dr. James Mwikya Reuben, Dr. Johnmark Obura. “Intrusion Detection and Prevention of Cyber-threats using Open-Source Software for Fintech Startup Firms in Kenya”. KyU 4th Annual Virtual International Conference, 2021.

A. Saravanan, S. Sathya Bama. “A Review on Cyber Security and The Fifth Generation Cyberattacks”. Oriental Journal of Computer Science and Technology (OJCST) Vol.12 No.2 2019.

Crowdsec Documentation Setup. 2022. Available Online: https://doc.crowdsec.net/docs/.

Prof. Bill Buchanan, Flavien Flandrin, Richard Macfarlen, Dr. Jamie Graves. “A Methodology to Evaluate Rate-Based Intrusion Prevention System Against Distributed Denial-of-Service (DDoS). Edinburgh Napier University.

Jusia Amanda Ginting, Irwan Sembiring, S.T.,M.Kom. “Deteksi False Alarm Pada Intrusion Detection System (IDS) Menggunakan Algoritma Adaptive Agent-Based Profiling. Jurnal Ilmiah Tugas Akhir Universitas Kristen Satya Wacana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Informatika