Analisis dan Perancangan Design User Interface dan User Experience pada Aplikasi RRI Play Go dengan Metode User Centered Design

Authors

  • Raihan Ekaputra Giffarinda Telkom University
  • Indra Lukmana Sardi Telkom University
  • Gede Agung Ary Wisudiawan Telkom University

Abstract

Abstrak-Aplikasi RRI Play Go merupakan aplikasi untuk mendengarkan radio dan bisa mendengar bermacam macam frekeuensi radio serta bisa mendengarkan siaran RRI dari seluruh wilayah di Indonesia. Alasan memilih aplikasi RRI Play Go untuk dianalisis karena tingkat pengalaman pengguna masih rendah dengan nilai System Usability Scale 52.83. Nilai tersebut masih dibawah rata-rata yang seharusnya minimal 68. Metode User Centered Design dan System Usability Scale sebagai usability testing merupakan metode yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada serta melakukan perancangan sesuai kebutuhan pengguna. Setelah dilakukan analisis, nilai System Usability Scale sudah diatas rata-rata. Untuk persona yang berumur 17-35 tahun mendapatkan nilai 81.47, acceptability ranges dengan hasil acceptable, grade scale dengan hasil B, dan adjective ratings dengan hasil good dan untuk persona yang berumur diatas 35 tahun mendapatkan nilai 78.23, acceptability ranges dengan hasil acceptable, grade scale dengan hasil C, dan adjective ratings dengan hasil good. Maka dari itu aplikasi RRI Play Go berhasil memperbaiki kegunaannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi RRI Play Go, lebih mudah digunakan, lebih bervariasi, dan inovatif. Aplikasi yang telah dirancang membantu pengguna untuk memudahkan dalam membaca berita, berinteraksi dengan penyiar, mendengarkan podcast, mendapatkan tips, menyimpan berita, dan masih ada beberapa yang lainnya.

Kata kunci - RRI play go, usability testing, user centered design, system usability scale

References

Agam, A. B., Martha, A. S., & Darwiyanto, E. (2021). Pemodelan Antarmuka pada Aplikasi Infineeds menggunakan metode User Centered Design. e-Proceeding of Engineering, 10875-10915.

Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). PROTOTIPE DESAIN USER INTERFACE APLIKASI IBU SIAGA MENGGUNAKAN LEAN UX. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 58- 74.

Audi, M., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2018). Analisis Aspek Usability dan User Experience Website dan Aplikasi Mobile Radio Streaming (Studi Pada Website dan Aplikasi Mobile Radio Prambors). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6391-6400.

Bagys M.D, R., Priyadi, Y., & Adrian, M. (2022). Perancangan Antar Muka Aplikasi Pencarian Restoran Berdasarkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Restoran Di Kota Padangsidimpuan). e- Proceeding of Engineering, 780-791.

Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3110-3117.

Fatah, D. A. (2020). Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability.

Journal of Science and Technology, 130-143.

Frendiana, V., & Widihiantoro, D. (2020). Desain UI dan UX pada Aplikasi Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 85-93.

Hartawan, M. S. (2019). ANALISA USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN USABILITY TESTING PADA APLIKASI ANDROID PEMESANAN TEST DRIVE MOBIL. Jurnal Teknologi Informasi, 46-52.

Kurniawan, A. B., Aknuranda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Aplikasi Mobile Info BMKG. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4997- 5006.

Maulana, R. T. (2020). PERANCANGAN USER INTERFACE USER EXPERIENCE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA APLIKASI MOBILE AUCTENTIK. Yogyakarta: dspace.uii.ac.id.

Purnama, N. T., Pradnyana, I. A., & Agustini, K. (2019). USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI E-MUSRENBANG BAPPEDA KABUPATEN BADUNG. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 87-97.

Purnamasari, S. A., Heryana, N., & Prihandani, K. (2020). PERBANDINGAN PENGGUNAAN SYSTEM USABILITY SCALE DAN USEFULL, SATISFACTION AND EASE OF USE QUESTIONNAIRE PADA USABILITY TESTING. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, 59-69.

Qatrunnada, Wirtarsyah, D., & Syahrina, A. (2022). ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE RENCARA MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN.

Roketin.com. (2022, Juni 10). Insight/prototipe-figma-vs-adobe-xd-mana-yang-lebih-baik-untuk-ux-2021. Retrieved from roketin.com: https://roketin.com/Insight/prototipe-figma-vs-adobe-xd-mana-yang-lebih- baik-untuk-ux-2021

Sabandar, V. P., & Santoso, H. B. (2018). Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing. TEKNIKA, 50-59.

Sagala, L. D., Fauzi, R., & Syahrina, A. (2020). PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI INFORMASI BERBASIS WEBSITE UNTUK TINDAKAN PERBAIKAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANDUNG MENGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. e- Proceeding of Engineering , 7596-7609.

Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 206-212.

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS).

ICACSIS, 145-148.

Supardianto, & Tampubolon, A. B. (2020). Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TI Berbasis Web di Bid TIK Kepolisian Daerah Kepulauan Riau. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 74-83.

Susilo, E., Wijaya, F. D., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. JNTETI, 150-157.

Ulhaq, D. D., Herdiani, A., & Adrian, M. (2022). Perancangan User Interface Media Edukasi Menggunakan Permainan Puzzle untuk Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) Menggunakan Metode User Centered Design. e-Proceeding of Engineering, 2042-2051.

Wardani, N. S., Darmawiguna, I. M., & Sugihartini, N. (2019). Usability Testing Sesuai dengan ISO 9241- 11 pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 356-368.

Wawolumaja, J. F., Huseini, M., Subarsa, K. Y., & Anggraini, R. (2021). PENGARUH USER EXPERIENCE (UX) DESIGN TERHADAP KEMUDAHAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI CARSWORLD. 53-71.

Downloads

Published

2023-04-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknologi Informasi