Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Ehac Dengan Menggunakan Metode E-Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Afif Dhiaulhaq Telkom University
  • Rahmat Yasirandi Telkom University
  • Muhammad Johan Alibasa Telkom University

Abstract

Abstrak-Penyebaran coronavirus atau yang kita kenal Covid-19 sangatlah luas ke seluruh dunia dan di Indonesia, untuk menghambat laju penyebran Covid-19 yang cepat, diperlukan upaya bersama oleh seluruh duni untuk melakukan pencegahan yang sangat ketat dan tegas demi keselamatan bersama. Tentunya peran teknologi sangat dibutuhkan dalam upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19, Dengan percepatan perkembangan teknologi tentunya memabantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. eHAC (Electronic Heald Alert Card) merupakan sebuah upaya Kementrian Kesehatan Indonesia untuk mencegah penyabaran Covid-19 diseluruh wilayah Indonesia. Maka dari itu perlunya tinggkat layanan dan kepuasan pengguna dengan sangat baik untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap aplikasi eHAC, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat harapan pengguna dan kinerja aplikasi menggunakan metode E-Servquak dan Importance Performance Analysis.Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa masih terdapat gap antara harapan dan kinerja pada aplikasi eHAC dengan jarak yang tidak terlalu tinggi, tetapi dengan demikian aplikasi eHAC memiliki tingkat kualitas layanan yang baik. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna perlunya meningkatkan kinerja aplikasi eHAC untuk kepuasan pengguna.

Kata kunci-eHAC, E-Servqual, impotance performance analysis

References

Haerani, E., & Alam, R. (2021). Analisis User Experience Aplikasi Peduli Lindungi untuk . SATIN – Sains dan Teknologi Informasi.

Jamiat, N., & Halomoan, T. N. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Ecommerce Lazada di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, 18.

larasati, m., & herry, i. (2020). ANALISIS E-SERVICE QUALITY MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE .

liem, a. t., chrsanti, i. r., & sandag, a. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Mobile . Cogito Smart Journal .

nabila, s. i., seloatmodjo, x. w., situmorang, a., & rakhmawati, n. a. (2021). Analisis privasi data pengguna contact tracing application. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi.

shihab, m. S. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DENGAN. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 120-127.

syahnur , m. h., soeharijanto, m., & tazlie, l. (2018). ANALISIS CUSTOMER EXPERIENCE DENGANIMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) – SUATUSTUDI PADA PELANGGAN TELKOM INDIHOMEREGIONAL III BANDUNG. JurnalManajemenBisnis, 2088-708.

syahputra, h., ramdhan, a., & putra, r. b. (2020). PENERAPAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) UNTUK. 2686-4916.

wahyunigtyas, a. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI LAMPUNG TERHADAP. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.

Downloads

Published

2023-04-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknologi Informasi