Analisis OTTV Material Batu Bata Biokomposit dalam Bangunan Hunian

Authors

  • Dira Agusta Putra Telkom University
  • Amaliyah R.I.U Telkom University
  • Akbar Hanif Dawam Abdillah LIPI

Abstract

Abstrak-Bangunan hemat energi adalah kemampuan suatu bangunan untuk memaksimalkan efisiensi energi pada bangunan melalui desain bangunan serta material yang digunakan. Kulit bangunan atau bagian luar dinding bangunan merupakan pembatas antara lingkungan luar bangunan dan lingkungan dalam bangunan. Saat ini sudah banyak peneliti yang membuat berbagai macam material guna mendukung efisiensi energi itu sendiri. Menurut Permen PUPR Nomor 02/PRT/M/2015 dan SNI 03 - 6389 - 2000 tentang bangunan gedung hijau menyatakan bahwa persyaratan tahap perencanaan teknis efisiensi energi (konsumsi energi) bangunan gedung hijau meliputi selubung bangunan dan nilai OTTV (Overall Thermal Transfer Value) yang diperkenankan adalah maksimum 35 W/m2. OTTV adalah ukuran perolehan panas ke dalam bangunan melalui selubung bangunan. Ini juga bertindak sebagai indeks untuk membandingkan kinerja termal bangunan. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisa perhitungan OTTV menggunakan Energyplus dan perhitungan manual. Material batu bata yang digunakan adalah 6 sampel W/m2 batu bata biokomposit dari serat kurma pada 4 macam bangunan [1]. Perhitungan dari 6 sampel batu bata biokomposit menunjukkan nilai OTTVnya kurang dari 35 W/m2. Setelah dibandingkan antara perhitungan manual dan energyplus menghasilkan nilai eror yang sangat kecil sehingga nilai OTTV yang didapat adalah valid.
Kata Kunci-batu bata biokomposit, OTTV, energyplus, efisiensi energi, simulasi

References

N. Z. a. B. A. Tahar Berrehail, Thermal conductivity of cement stabilized earth bricks reinforced with date palm fiber, AIP Conference Proceedings 1968, 030036, 2018, p. Prosiding Konferensi AIP.

M. Triana dan A. D. Susilowati, DESIGN OF RUSUNAWA WITH CONCEPT OF ENERGY SAVE BUILDINGS IN BUKIT DURI JAKARTA SELATAN, MAESTRO, 2019.

H. Ritchie dan M. Roser, “CO2 and Greenhouse Gas Emissions,” OurWorldInData.org, Mei 2017. [Online]. Available: https://ourworldindata.org/co2-and-other-greenhouse-gas-emissions. [Diakses 28 September 2020].

NASA, “The Causes of Climate Change,” NASA's Jet Propulsion Laboratory, 23 September 2020. [Online]. Available: https://climate.nasa.gov/causes/. [Diakses 28 September 2020].

Green Building Council Indonesia, GREENSHIP untuk Bangunan Baru Versi 1.2, Jakarta: Green Building Council Indonesia, 2013.

Badan Standardisasi Nasional, Konservasi Energi Selubung Bangunan pada Bangunan Gedung, Jakarta: Badan Standardisasi Nasional, 2011.

T. Stocker, Q. Dahe, G.-K. Plattner, M. Tignor, S. K. Allen, J. Boschung, A. Nauels, Y. Xia, V. Bex, P. Midgley dan (eds.), “Climate Change 2013: The Physical Science Basis. An overview of the Working Group 1 contribution to the Fifth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC),” Cambridge University Press, Cambridge, 2013.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Fisika