Perancangan Dashboard untuk Pengukuran Performansi Kinerja Menggunakan Metode User Centered Design pada Proyek STTF Selacau Batujajar di PT XYZ

Authors

  • Azzahra Putri Nurwahyudin Telkom University
  • Ika Arum Puspita Telkom University
  • Putu Yasa Telkom University

Abstract

Abstrak-PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi telekomunikasi. Perusahaan ini merupakan penyedia layanan jaringan telekomunikasi. PT XYZ sedang melaksanakan proyek STTF (Shit To The Front) yaitu proyek penambahan jaringan FTTH (Fiber to the Home) pada daerah yang berpotensi memiliki demand pelanggan yang tinggi. Salah satu lokasi pengerjaan proyek STTF di Selacau, Batujajar yang dilaksanakan sesuai dengan kontrak yang telah disetujui sebelumnya. Dalam pelaksanaannya mengalami penundaan yang menyebabkan terhambatnya pelaksanaan proyek. Saat ini proyek masih belum memiliki tool informasi monitoring dan controlling untuk memantau kondisi proyek, dikarenakan laporan progress proyek hanya menggunakan Microsoft Excel dan belum terdapat perhitungan kinerja proyek untuk menentukan perhitungan estimasi jadwal dan biaya, maka pada tugas akhir akan melakukan perancangan dashboard menggunakan Google Studio untuk mengukur kinerja proyek menggunakan metode User Centered Design (UCD). Pada tugas akhir ini menunjukkan keterlambatan dan biaya proyek yang dikeluarkan lebih besar dari yang direncanakan pada minggu ke-5, diperoleh hasil perhitungan nilai SPI sebesar 0.92 dan nilai CPI sebesar 0.88. Dilakukan estimasi untuk menyelesaikan proyek (EAC) dengan nilai sebesar Rp 344.548.504, nilai tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan nilai BAC sebesar Rp 310.554.290 dan memperoleh hasil estimasi penyelesaian proyek pada minggu ke-8, sehingga membutuhkan penambahan waktu satu minggu untuk menyelesaikan proyek.

Kata Kunci-dashboard, google studio, earned value management, monitoring, controlling, performansi kinerja proyek

References

Agarina, M., Karim, A. S., & Sutedi, S. (2019). User-Centered Design Method in the Analysis of User Interface Design of the Department of Informatics System’s Website.

Andi Maddeppungeng, d. (2015). Identifikasi Faktor - Faktor Resiko yang Berpengaruh di Tahap Construction pada Proyek Epc terhadap Kinerja Waktu (Studi Kasus PT Krakatau Engineering dan PT Prima Konstruksi Utama). Jurnal Fondasi, Vol. 4 No. 2.

Fernando, D. (2018). Data Visualization Using Google Data Studio . National Seminar on Information Technology Engineering, 71-77.

Hafizh, A. (2018). Analisa Biaya dan Waktu Proyek dalam Proses Kinerja dengan Menggunakan Metode Earned Value. 11 - 17.

Harahap, B., & Tukino. (2020). Akuntansi Biaya. Batam: Batam Publisher.

Ilhamsyah, I., & Rahmayudha, S. (2017). Perancangan Model Dashboard untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa. Karya Ilmiah.

Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data dalam All in 1 . Jakarta: PT ELex Media Komputindo.

John M. Nicholas, H. S. (2017). Project Management for Engineering Business and Technology. New York: Routledge.

Kencana, M. N. (2019). Perancangan Biaya dan Waktu Penyelesaian Proyek Berdasarkan Kondisi Proyek Ducting FO-SR Cluster Cynthia Summarecon Bandung Tahap 2 dengan Menggunakan Metode Earn Value Management dan Critical Path Method. Karya Ilmiah, 1-90.

Li, Q. a. (2009). Data Flow Diagram. Springer, Berlin, Heidelberg: In Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems.

Mariska, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Knowledge Sharing Di PT Telekomunikasi Indonesia (Witel Cirebon). Karya Ilmiah, 1-11.

Maromi, M. I. (2015). Metode Earned Value untuk Analisa Kinerja Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Condotel De Vasa Surabaya. Jurnal Teknik ITS Vol 4 No 1, 55-56.

Mulcahy, R. (2018). PMP Exam Prep Ninth Edition. United State of America: RMC Publications.

Oktafianto, M. M. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Project Management Institute. (2017). A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) – Seventh Edition and The Standard for Project Management (7th ed.). Pennsylvania: Project Management Institute.

Putri, S. D. (2020). Pengukuran Kinerja Menggunakan Pendekatan Earned Value & Earned Duration dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Mempermudah Pengukuran Kinerja Proyek OSP-FO Witel Cirebon Pada PT. XYZ. Karya Ilmiah.

Rianto, D. A., Assegaf, S., & Fernando, E. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Lokasi Minimarket di Kota Jambi. Perancangan.

Rumbaugh, J. (2010). Unified Modeling Language User Guide. Encyclopedia of Software Engineering.

Salsabila, M. N. (2021). Perancangan Dashboard Monitoring dan Controlling Berbasis Spreadsheet untuk Menganalisa Performansi Kinerja Proyek dengan Metode Earned Value Management di PT. XYZ. Karya Ilmiah.

Santoso, H. B. (2019). Proses Desain Interaksi.

Sediyanto, &. H. (2017). Analisa Kinerja Biaya dan Waktu pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi dengan Metode Earned Value (Studi Kasus Proyek Konstruksi Mall dan Hotel X di Pekanbaru). Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer.

Seffa, H. A. (2021). Perancangan Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Jiwan. Karya Ilmiah.

Simon, J. C. (2016). Introduction to Information Systems. Wiley.

Sugiarto, D. M. (2021). Perancangan Dashboard untuk Visualisasi Harga dan Pasokan Beras di Pasar Induk Beras Cipinang. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 12-19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Tolle, H. P. (2017). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak (Konsep & Implementasi). Malang: UB Press.

Triwardhana, M. A. (2021). Analisis Kinerja Proyek STTF Sukapura Menggunakan Metode EVM (Earned Value Management) PT. XYZ. Karya Ilmiah.

Variamen, E. R. (2021). Analisis Kinerja Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Earned Value Management Pada Proyek Gedung The Ahmad Dahlan Plaza. Karya Ilmiah.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yasin, M. A. (2021). Perancangan Dashboard untuk Pengukuran Kinerja Proyek Penyediaan Layanan Paket Elektronik Hotel Platinum Surabaya dengan Menggunakan Google Studio. Karya Ilmiah.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri