Perancangan Meja Belajar Lipat Multifungsi untuk Mengurangi Musculoskeletal Disorders pada Mahasiswa dalam Ruang Indekos Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Authors

  • Aldarhena Putri Dewanty Telkom University
  • Sri Martini Telkom University
  • Ilma Mufidah Telkom University

Abstract

Abstrak-Bandung memiliki daya pikat bagi calon mahasiswa. Berdasarkan survei, kamar indekos ukuran 3 x 3 meter merupakan kamar yang paling banyak diminati mahasiswa sebagai tempat tinggal sementara yang bertema small space. Belajar di atas kasur atau menggunakan meja belajar lipat merupakan cara mahasiswa dalam memanfaatkan keterbatasan ruang untuk belajar. Belajar di atas kasur dapat menurunkan konsentrasi dan menimbulkan kelelahan karena posisi tubuh yang kurang nyaman. Oleh karena itu, penggunaan meja belajar lipat di kamar indekos dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan observasi, meja belajar lipat memiliki dimensi yang tidak sesuai dengan postur tubuh pengguna. Hal tersebut membuat tubuh bagian atas mengalami Musculoskeletal Disorders (MSDs). Permasalahan postur bagian atas dapat dianalisis menggunakan RULA (Rapid Upper Limb Assessment). Kemudian, sarana penyimpanan perlengkapan belajar kurang tersedia karena keterbatasan ruang kerap menjadi masalah. Furniture multifungsi merupakan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan yang tepat untuk mewujudkan furniture berkualitas baik adalah dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil wawancara dan studi literatur maupun lapangan diolah setelah dilakukan pengumpulan data dan dilakukan perancangan dan pengembangan produk dalam bentuk konsep desain usulan. Produk usulan yang dirancang berupa Meja Belajar Lipat Multifungsi dengan konsep desain dirancang menggunakan software Autodesk Inventor 2022.

Kata kunci-pengembangan produk, furniture multifungsi, RULA, quality function deployment, musculoskeletal disorders

References

I. Z. Sutalaksana, Teknik Perancangan Sistem Kerja, Bandung: Penerbit ITB, 2006.

K. T. Ulrich dan S. D. Eppinger, Product Design and Development: Fifth Edition, New York: McGraw-Hill Education, 2012.

L. Cohen, Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You, Massachusetts: Addison Wesley, Inc, 1995.

R. Prabowo dan M. I. Zoelangga, “Pengembangan Produk Power Charger Portable dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, pp. 55-62, 2019.

A. K. A. Prawira, “Perancangan Material Handling Equipment pada Proses Mobilisasi Sampah Plastik Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment pada Bank Sampah Hijau Lestari,” e-Proceeding of Engineering, pp. 5861-5870, 2020.

D. Safitri, “Redesign Ironing Board Using Kansei Engineering Method,” pp. 1-7, 2020.

N. H. Sari, Material Teknik, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

M. Nagamachi, Kansei/ Affective Engineering, Jepang: CRC Press, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA, CV, 2013.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri