Pembangunan Sistem Infromasi Pengelolaan Bank Sampah pada Proses Penjadwalan Penjemputan Sampah Menggunakan Extreme Programming (Studi Kasus: Bank Sampah Bersinar)

Penulis

  • Alsha Nabilla Hernawan Telkom University
  • Faishal Mufied Al Anshari Telkom University
  • Irfan Darmawan Telkom University

Abstrak

Abstrak-Bank sampah merupakan tempat pengelolaan sampah yang di mana masyarakat menyetorkan sampah seperti sampah rumah tangga untuk sebagai tempat menabung sampah rumah tangga. Di Kabupaten Bandung terdapat bank sampah yang bernama Bank Sampah Bersinar. Permasalahan yang dihadapi oleh Bank Sampah Bersinar adalah admin di Bank Sampah Bersinar selalu melakukan konfirmasi melalui whatsapp ke nasabah dan petugas penjemput sampah yang menyebabkan admin sering kali mengalami kesulitan dalam melakukan pencocokan waktu antara permintaan tanggal penjemputan sampah nasabah dan waktu kapan petugas penjemput sampah bisa melakukan penjemputan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian ini untuk membuat sebuah perancangan sistem informasi Bank Sampah Bersinar untuk mengelola bank sampah yang ada agar penanganan sampah dapat dilakukan secara terintegrasi. Pada penelitian ini akan berfokus pada modul penjadwalan penjemputan sampah untuk melakukan pengaturan jadwal petugas penjemputan sampah ke lokasi tujuan dengan waktu yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming dalam mengembangkan aplikasi dikarenakan cocok untuk proyek yang memiliki waktu singkat, dan juga hanya membutuhkan jumlah tim yang sedikit. Pengujian pada penelitian ini menggunakan black box testing dan user acceptance testing untuk memastikan bahwa fungsionalitas aplikasi dapat bekerja dengan baik dan bisa digunakan oleh pengguna.

Kata Kunci-bank sampah, penjadwalan penjemputan sampah, extreme programming, black box testing, user acceptance testing

Referensi

D. P. Kusuma and Y. Astuti, “Sistem Pengolahan Data Bank Sampah ( Study Kasus : Bank Sampah Bangkit Pondok I Ngemplak Sleman ),” J. Manaj. dan Inform. Pelita Penusa, vol. 21, no. 1, pp. 32–41, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/187/104.

M. Selomo, A. B. Birawida, and A. Mallongi, “BANK SAMPAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PENANGANAN SAMPAH DI KOTA MAKASSAR The Waste Bank is One of Good Solusion for Handling Waste in Makassar City,” J. MKMI, vol. 12 no 4, no. Desember, pp. 232–240, 2016.

A. Sansprayada et al., “Android Studi Kasus Perumahan Vila Dago,” J. Chem. Inf. Model., pp. 24–34, 2020.

K. R. Baker and D. Trietsch, Principles of Sequencing and Scheduling. 2009.

I. Sommerville, Software engineering (10th edition). 2016.

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–18, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6628.

Y. Trimarsiah and M. Arafat, “Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana,” J. Ilm. MATRIK, vol. Vol. 19 No, pp. 1–10, 2017.

O. Pahlevi, A. Mulyani, and M. Khoir, “Sistem informasi inventori barang menggunakan metode object oriented di pt. Livaza teknologi indonesia jakarta,” Pt. Livaza Teknol. Indones. Jakarta, vol. 5, no. 1Pahlevi, O., Mulyani, A., Khoir, M. (2018). Sistem Informasi Inventori Barang Menggunakan Metode Object Oriented Di Pt. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta. Pt. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta, 5(1), 27–35., pp. 27–35, 2018.

U. Elisa, Y. Yana, and R. Noor, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis JQUERY Mobile dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” J. Infotel, vol. 4, pp. 40–51, 2012.

D. Purnama Sari and R. Wijanarko, “Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus di Rumah Kamera Semarang),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.36499/jinrpl.v2i1.3190.

E. et al. Turban, “Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives, 7/e. New Jersey: Pearson Education.,” J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 826–836, 2017.

M. Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ and J. Suwita, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang,” Ipsikom, vol. 8, no. 1, pp. 1–19, 2020.

Latif, “Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Advanced Encryption Standar (Aes) Untuk Pengamanan Data Teks,” Jurnal Ilmiah Mustek Anim, vol. 4, no. 2. p. 32, 2015.

M. A. Nurdin and I. Hermawan, “Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” J. Teknol. Terpadu, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2017, [Online]. Available: http://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/208/231.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi