Pengembangan Sistem Manajemen Persediaan Gudang Menggunakan Metode System Prototyping di PT XYZ

Penulis

  • Ghufron Fikrianto Telkom University
  • Ahmad Munansyah Telkom University
  • Faishal Mufied Al Anshary Telkom University

Abstrak

Abstrak-Gudang merupakan tempat penyimpanan barang sementara sebelum proses manufaktur atau distribusi. Walaupun secara definisi terlihat sederhana, terdapat banyak aktivitas bisnis di dalam gudang yang membutuhkan banyak sumber daya. Hal ini menjadi salah satu area efisiensi yang dilakukan oleh manajemen gudang untuk tetap kompetitif. PT XYZ merupakan perusahaan logistik pihak ketiga yang menyediakan layanan penyimpanan dan pengiriman barang perishable, seperti makanan beku, daging, komoditas perikanan dan pertanian. Seiring dengan berkembangnya perusahaan, data yang dikelola semakin banyak dan semakin sulit untuk mengatur data tanpa menggunakan sistem yang terstandardisasi. Lambatnya proses pelaporan serta ketidakakuratan proses pencatatan menjadi masalah yang ditimbulkan. Hal ini berdampak negatif untuk perusahaan. Untuk tetap kompetitif, PT XYZ membutuhkan sistem yang dapat membantu proses pencatatan dan pengelolaan barang di gudang. Oleh karena pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pengembangan sistem manajemen inventory gudang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode pengembangan System prototyping. Temuan akhir menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan dapat mendukung proses bisnis pencatatan inventory gudang dan pelaporan kinerja gudang di PT XYZ.

Kata Kunci-manajemen inventory, gudang, system prototyping, pengembangan software

Referensi

H. Purnomo, Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu, 2004.

J. S. Karsten and A. A. I. N. Eka Karyawati, “Pengembangan Sistem Inventory Control Pada Perusahaan PT Alam Indah Utama,” JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), vol. 8, no. 1, p. 1, Aug. 2019, doi: 10.24843/JLK.2019.V08.I01.P01.

Frazelle Edward, Supply Chain Strategy: The Logistics of Supply Chain Management. McGraw-Hill, 2002.

E. M. Shehab, M. W. Sharp, L. Supramaniam, and T. A. Spedding, “Enterprise resource planning: An integrative review,” Business Process Management Journal, vol. 10, no. 4, pp. 359–386, Aug. 2004, doi: 10.1108/14637150410548056/FULL/XML.

J. A. Brady, E. F. Monk, and B. J. Wagner, “Concepts in enterprise resource planning,” vol. 4, p. 164, 2013.

R. Pressman, “Software Engineering: A Practitioner’s,” McGraw-Hill Education; 7 edition, vol. 55, no. 1, pp. 75–76, 2014.

A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, “Systems Analysis & Design, Fifth Edition,” no. 1, p. 587, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi