Perancangan Antarmuka Pengguna dan Front End pada Platform Setanam dengan Penerapan Brand Design Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Lanang Bagus Prabowo Telkom University
  • Faishal M. Al Anshary Telkom University
  • Taufik Nur Adi Telkom University

Abstract

Abstrak- Tanaman hias memiliki banyak tantangan dalam hal perawatannya. Beberapa tantangan diantaranya adalah perlunya menyiram air secara rutin, memeliharanya pada kadar paparan sinar matahari yang tepat, hingga memberi kadar pupuk yang tepat.Tidak semua orang dapat merawat tanaman hias dengan tantangan-tantangan tersebut. Jika pemilik tidak bisa merawat tanamannya, resikonya adalah tanaman akan layu atau mati. Untuk pembuatan sebuah platform pasti harus dimulai dengan perancangan yang menggunakan beberapa metode atau mengambil dari salah satu metode yang ada. Metode yang dipilih oleh penulis adalah design thinking dengan penerapan prinsip pemasaran didalamnya. Tidak hanya itu juga, untuk membuat pengalaman sewa-menyewa dan juga perawatan tanaman menjadi lebih baik, platform pada admin juga perlu mengakomodasi fitur pada website untuk customer berjalan dengan baik beserta dengan laporan penjualan dan transaksinya. Hasil penelitian yaitu pembuatan rancangan dashboard Setanam serta implementasi terhadapat antarmuka dalam bentuk prototype dan juga front end telah dilakukan. Pengujian menggunakan parameter System Usability Scale (SUS) dan didapatkan skor 72 dengan acceptability range yaitu ACCEPTABLE, adjective rating yaitu EXCELLENT, dan grade scale yaitu B. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan dashboard Setanam mencapai angka kegunaan solusi desain. Umpan balik juga diberikan juga menunjukkan bahwa aplikasi dapat dengan mudah digunakan dari sudut pandang pengguna.

Kata kunci-design thinking, system usability scale, tanaman, admin.

References

D. (2008). STUDI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN PADA MASJID NOOR BANJARMASIN. INFO – TEKNIK, 9.

Hartadi, M., Swandi, W., & Mudra, W. (2020). Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain. WARNA DAN PRINSIP DESAIN USER INTERFACE (UI) DALAM APLIKASI SELULER “BUKALOKA,” 5.

Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. (2020). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika. Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications, 6.

Sukmasetya, P., Setiawan, A., & Arumi, E. (2020). PENGGUNAAN USABILITY TESTING SEBAGAI ALAT EVALUASI WEBSITE KRS ONLINE PADA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Sains Dan Teknologi, 9.

Aprilia, I., Santoso, I., & Ferdiana, R. (2015). IPTEK-KOM, Vol. 17 No. 1. Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale, 31–38.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi